Handicraft Center kok judulnya 'Pondok Dahar Lauk Jogja'? Mmmm... nama memang tidak perlu literally nyambung, kan? Bisa karena kami memang berasal dari Jogja, bisa juga karena memang pusat hobi kami ini dirintis dari rumah makan mungil kami, Pondok Dahar Lauk Jogja (back to 2011)...
However, pusat hobi kami ini berkarya dalam aneka handicraft
Jogja seperti bambu ulir cendani, vas & meja set gerabah Kasongan, vas kayu minimalis, serta rupa-rupa handicraft yang tak mesti berlabel 'Jogja' semisal bunga rangkai aneka jenis, ranting hias, lukisan bunga, pigura 3D, serta buah & pohon topiary artificial.
Pokoknya Jogja and Florist Enthusiast untuk Anda yang berkediaman di Bekasi dan sekitarnya...

Untuk navigasi cepat ke 'KATALOG UPDATE TERAKHIR' kami, klik di sini...

header gambar laukkita

Hot Items

HOT ITEMS :
* Handicraft Bambu Ulir : Bambu Ulir Cendani Aneka Model
* Handicraft Vas Gerabah : Vas Gerabah Aneka Model
* Handicraft Ranting Hias : Ranting Inul Aneka Model

Selasa, 08 November 2011

Apakah Anda Tahu Apa Asal Kata Nama-Nama Jurusan Perguruan Tinggi?

Asal Kata Nama-Nama Jurusan Perguruan Tinggi


Agronomi : agronomy (pertama muncul pada awal abad ke-19), diambil dari istilah Perancis agronomie, berakar pada bahasa Yunani agros (tanah) + nomos (ilmu).
Akuntansi : accounting (pertama muncul pada abad ke-14), diambil dari istilah Perancis aconte, berakar pada bahasa Latin computare yang berarti ‘menjumlahkan atau mengumpulkan bersama-sama’.

Anggrek latex 2 tangkai vas kayu 12cm, detil klik di sini...
Antropologi : anthropology, diambil dari bahasa Yunani anthrōpos  (manusia) + logos (ilmu).  
Arkeologi : archaeology, diambil dari istilah Yunani arkhaios (kuno) + logos (ilmu). 
Arsitektur : architecture (pertama muncul pada pertengahan abad ke-16), berasal dari kata Latin architectus, berakar pada kata Yunani arkhitektōn yang berarti ’pemimpin pembangun’. Tektōn sendiri berarti ‘pembangun’.

Astronomi : astronomy (pertama muncul pada abad ke-13), diambil dari istilah Yunani astro (bintang) + nemein (mengatur) atau secara harfiah berarti ‘mengatur bintang’. 
Biologi :  biology (pertama muncul pada abad ke-19), diambil dari istilah Perancis biologie, berakar dari bahasa Yunani bios (hidup)+ logos (ilmu) yang berarti ‘ilmu hayat’. 
Biokimia : biochemistry, berasal dari gabungan kata Yunani bios (hidup) + khēmeia (kimia). 
Desain :  design (pertama muncul pada akhir abad ke-18), diambil dari istilah Latin designare yang berarti ‘menandai’, berakar pada kata signum (tanda). 
Kedokteran : doctor (pertama muncul pada abad ke-14), diambil dari istilah Perancis doctour, berasal dari bahasa latin doctor yang berarti ‘guru’. Jika ditinjau dari pengertian Kedokteran saat ini, istilah Latin medicus sebenarnya lebih tepat karena berarti ‘tabib’. 
Kedokteran Gigi :  dentistry (pertama muncul pada pertengahan abad ke-18), diambil dari istilah Perancis dentiste, berakar pada kata awalan bahasa Latin dent- yang berarti ‘gigi’. 
Kedokteran Hewan : veterinary (pertama muncul pada akhir abad ke-18), diambil dari istilah Latin veterinus  yang berarti ‘berkaitan dengan ternak’. 
Ekonomi : economics (pertama muncul pada abad ke-15), diambil dari istilah Yunani oikos  (rumah) + nemein (mengatur) atau secara harfiah berarti berarti ‘mengatur rumah’.
Teknik Elektro : electrical engineering (pertama muncul pada pertengahan abad ke-17), diambil dari istilah Latin electricus, berakar pada kata Yunani ēlektron yang berarti ’batu amber’. Batu amber terbentuk dari getah pepohonan konifer purba yang memfosil, bersifat tembus pandang dengan warna kekuningan hingga coklat muda, yang pada abad ke-17 banyak digunakan untuk membuat perhiasan. 
Farmasi : pharmacy (pertama muncul pada abad ke-14), diambil dari istilah Perancis farmacie, berakar pada kata Yunani pharmakeia yang berarti ‘penggunaan obat-obatan’ dengan kata dasar pharmakon (obat). 
Fisika : physics  (pertama muncul pada abad ke-15), diambil dari sitilah Latin physica, berakar pada bahasa Yunani phusikos yang berarti ‘alam’. 
Teknik Geodesi : geodesy (pertama muncul pada akhir abad ke-16), berasal dari kata Yunani geōdaisia yang berarti geō (bumi) + daiein (membagi) atau ‘pembagian bumi’. 
Geofisika : geophysics, diambil dari istilah Yunani geō (bumi) + phusikos (alam). 
Geografi : geography (pertama muncul pada abad ke-15), diambil dari istilah Yunani geō (bumi) + graphia (catatan) atau ‘deskripsi tentang bumi’. 
Teknik Geologi : geology (pertama muncul pada pertengahan abad ke-18), berasal dari kata Latin geologia, berakar dari kata Yunani geō (bumi) + logos (ilmu) atau ‘ilmu tentang bumi’.
Ilmu Gizi : nutrition (pertama muncul pada pertengahan abad ke-17), diambil dari istilah Latin nutrire yang berarti ‘memberi makan’.
Hortikultura : horticulture (pertama muncul pada akhir abad ke-17), diambil dari istilah Latin hortus (taman) + cultura (penanaman).
Hukum : law (pertama muncul pada awal abad ke-12), diambil dari istilah Skandinavia lög, berakar dari bahasa Jerman prasejarah lag yang berarti ‘meletakkan’. 
Kehutanan : forestry (pertama muncul pada abad ke-13), diambil dari istilah Latin Latin forestis, berakar pada kata foris yang berarti ‘di luar’. 
Teknik Industri : industrial engineering (pertama muncul pada abad ke-15), diambil dari istilah Perancis kuno industrie, dari terminologi Latin industrius yang berarti ‘rajin’. Namun jika ditinjau secara harfiah, industrius adalah in (dalam) + struus (bangunan). 
Teknik Informatika : informatics engineering (pertama muncul pada pertengahan abad ke-20), diambil dari kata information versi Rusia informatika yang berarti ‘informasi’. 

Anggrek kain dlx 4 tgk vas kayu 20cm, detil klik di sini...
Instrumentasi : instrumentation (pertama muncul pada abad ke-13), diambil dari istilah Latin instruere yang berarti ‘mempersiapkan’.
Teknik Perkapalan  : nautical engineering (pertama muncul pada pertengahan abad ke-16), diambil dari istilah Yunani nautikos – dari kata nautēs (pengendara/pelaut) – berakar pada kata naus  yang berarti ‘kapal’.
Kartografi : cartography (pertama muncul pada pertengahan abad ke-19), diambil dari istilah Perancis carte (peta) + graphein (penulisan). 
Kimia : chemistry / chemical (pertama muncul pada abad ke-14), diambil dari sitilah Perancis alquemie, berasal dari kata Latin abad pertengahan alchimia, berasal dari bahasa Arab al-kīmiyā, berakar dari bahasa Yunani khēmeia yang berarti ‘kimia’. 

Komputer : computer (pertama muncul pada awal abad ke-17), diambil dari istilah Latin computare yang berarti ‘mengumpulkan bersama-sama’.
Komunikasi : communication (pertama muncul pada abad ke-13), diambil dari istilah Latin communicare yang berarti ‘berbagi’. 
Konseling : counseling (pertama muncul pada abad ke-12), diambil dari istilah Perancis conseil , berasal dari bahasa Latin consulere yang berarti ‘mencari nasihat’. 
Konservasi Sumberdaya Hutan : conservation (pertama muncul pada abad ke-14), diambil dari istilah Latin conservare yang berarti ‘melestarikan’. 
Lanskap : landscape (pertama muncul pada akhir abad ke-16), merupakan peng-Inggrisan istilah Belanda landschap yang berarti ‘kondisi menjadi daratan’. 
Kelautan : oceanology (pertama muncul pada abad ke-13), diambil dari istilah Latin oceanus, berakar dari bahasa Yunani ōkeanos  yang merupakan nama samudera yang mengelilingi piringan bumi saat manusia masih menganggap bumi berbentuk piringan datar dengan tepi-tepi berupa jurang dalam. 
Teknik Lingkungan : environment engineering (pertama muncul pada abad ke-14), diambil dari istilah Perancis environer  yang berarti ‘membuat lingkaran’. 

Manajemen : management (pertama muncul pada pertengahan abad ke-16), diambil dari istilah Italia maneggiare yang berarti ‘melatih kuda’, berakar pada kata Latin manus yang berarti ‘tangan’. 
Matematika : mathematics (pertama muncul pada abad ke-14), diambil dari istilah Perancis mathématique, dari bahasa Latin mathematicus , berakar pada kata Yunani mathēmat  yang berarti ‘sesuatu yang dipelajari’. 
Teknik Material : material engineering (pertama muncul pada abad ke-12), diambil dari istilah Perancis matériel, berasal dari bentukan Latin materia yang berarti ‘kayu/bahan’.
Teknik Mesin : mechanical engineering (pertama muncul pada pertengahan abad ke-16), diambil dari istilah Perancis mechanique, berakar pada kata Latin mechanicus, dan berasal dari kata Yunani mēkhanē yang berarti ‘alat’. 
Metalurgi : metallurgy (pertama muncul pada abad ke-13), diambil dari istilah Latin metallum, berakar pada bahasa Yunani metallon yang berarti ‘logam’. 
Meteorologi : meteorology (pertama muncul pada akhir abad ke-16), diambil dari istilah Latin meteorum, berakar pada kata Yunani meta (di atas) + aoros (tinggi) + logos (ilmu). 
Mikrobiologi : microbiology, diambil dari bahasa Yunani mikros (renik) + biologos (ilmu hayat). 
Teknik Perminyakan : petroleum engineering (pertama muncul pada abad ke-16), diambil dari istilah Latin abad pertengahan petra (cadas/karang) + oleum (minyak) atau secara harfiah berarti ‘minyak dari cadas’. 
Teknik Nuklir : nuclear engineering (pertama muncul pada pertengahan abad ke-19), diambil dari bahasa Latin nucleus yang berarti ‘inti’. 
Olahraga : sport (pertama muncul pada abad ke-14), diambil dari istilah Peransic kuno desport yang berarti ‘hiburan’.
Teknik Otomotif : automotive engineering (pertama muncul pada akhir abad ke-19), diambil dari bahasa Perancis auto (sendiri) + motive (bergerak). 
Keperawatan : nursery (pertama muncul pada abad ke-13), diambil dari istilah Perancis kuno norrice,  dari bahasa Latin nutricia, berakar pada kata Latin lain nutrix yang berarti ‘ibu susu’ (wanita yang menyusui dan merawat bayi wanita lain). 
Planologi : planology (pertama muncul pada akhir abad ke-17), diambil dari istilah Perancis yang berarti ‘perencanaan tapak’, berakar pada istilah Latin plantare yang secara harfiah bermakna ‘mendorong ke dalam tanah dengan sol sepatu’. 
Psikologi : psychology (pertama muncul pada abad ke-17), diambil dari istilah Yunani psukhein (bernafas) + logos (ilmu). 
Sastra : linguistics (pertama muncul pada akhir abad ke-16), diambil dari istilah Latin lingua yang berarti ‘lidah/bahasa’. 
Sejarah : history (pertama muncul pada abd ke-15), diambil dari istilah Yunani historia yang berarti ‘sejarah, pengetahuan, atau cerita’.
Seni : arts (pertama muncul pada abad ke13), diambil dari istilah Latin ars yang berarti ‘keahlian’. 
Silvikultur : silviculture (pertama muncul pada akhir abad ke-19), diambil dari istilah Latin silva (kayu) + cultura  (penanaman). 
Teknik Sipil : civil engineering (pertama muncul pada abad ke-14), berasal dari kata Latin civilis yang berarti ’masyarakat’. 
Sosiologi : sociology (pertama muncul pada pertengahan abad ke-19), diambil dari istilah Perancis sociologie, berakar pada kata Latin socius (kumpulan) yang dimodifikasi dengan akhiran Yunani logos (ilmu). Secara umum berarti ‘ilmu tentang kumpulan (manusia)’. 
Statistika : statistics (pertama muncul pada akhir abad ke-18), diambil dari istilah Jerman statistik, berakar pada bahasa Latin status yang berarti ‘keadaan’. Statistika sendiri didefinisikan sebagai studi atas data yang berkaitan dengan suatu keadaan. 
Teknik Pertambangan : mining engineering (pertama muncul pada abad ke-14), diambil dari kata Latin mina yang berarti ‘lubang’. Secara umum, pertambangan adalah kegiatan memindahkan mineral yang berguna dari perut bumi ke permukaan. 
Pertanian : agriculture (pertama muncul pada abad ke-15), diambil dari istilah Latin agros (tanah) + cultura (penanaman). 
Teknik Penerbangan : aeronautical engineering (pertama muncul pada akhir abad ke-18), diambil dari istilah Perancis aéronaute, berakar pada kata Yunani aéro (udara) + nautēs (pengendara/pelaut). 

Interesting? I believe... 



Namanya mahasiswa, joke pun seringkali diilmiah-ilmiahkan. Baru saja teringat lagi 2 dari banyak joke yang dulu sering saya dan rekan-rekan semasa kuliah ceritakan sekedar untuk hiburan. Well, here they are...

1. Mungkin vs Pasti
Sebatang besi bengkok tergeletak di tepi jalan. Beberapa mahasiswa yang pagi itu kebetulan melintas melihatnya, lalu berjongkok mengelilingi besi bengkok tadi.
“Besi ini mungkin potongan rangka mobil yang tabrakan di jalan ini 3 bulan lalu. Kita harus nyerahin besi ini untuk diteliti ke Profesor Metalurgi,” kata mahasiswa A.
“No… kayaknya sih ini senjata yang dipakai massa waktu ngeroyok maling yang ketangkep basah lagi nyolong ayam Pak Kost 3 bulan lalu. Kita mesti nyerahin besi ini untuk diteliti ke Profesor Hukum!” potong mahasiswa B.
“No, no… mungkin besi ini pecahan meteorit yang masuk ke atmosfer bumi 3 bulan lalu. Kita kudu nyerahin besi ini untuk diteliti ke Profesor Astronomi,” balas mahasiswa C.
Mahasiswa D tanpa berkata apa-apa mengambil potongan besi itu dan memberikannya pada seorang pemulung tua yang sedang beristirahat di keteduhan pohon tak jauh dari situ.
“Lho, kenapa dikasih ke pemulung itu?” protes A, B, dan C berbarengan.
“Besi ini mungkin memang potongan mobil yang tabrakan, bisa jadi senjata pengeroyok maling, atau barangkali juga pecahan meteorit. Semua MUNGKIN. Tapi yang PASTI, besi ini lebih berguna di tangan pemulung tua itu. Besi ini PASTI bisa dijual, jadi duit, dan berguna karena MUNGKIN ia punya anak yang belum makan pagi ini,” jawab mahasiswa D tadi dengan pasti.

2. Kerbau
Mahasiswa Hukum : Kenapa kamu nyamain oknum-oknum Wakil Rakyat yang nyuekin kemauan rakyat itu dengan kerbau?
Mahasiswa Biologi : Karena, meskipun secara fisik mereka beda, tapi spesiesnya berkerabat sangat dekat.
Mahasiswa Hukum : Maksud kamu????
Mahasiswa Biologi : Kerbau punya nama ilmiah Bos bubalus.
Mahasiswa Hukum : Lantas Wakil Rakyat model gitu apa????
Mahasiswa Biologi : Bos bebalus!

Mahasiswa Hukum : Emmm…. Kamu benar, kawan!

Keep visiting my blog.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar