Handicraft Provider kok judulnya 'Pondok Dahar Lauk Jogja'? Mmmm... nama brand memang tidak perlu literally nyambung, kan? Bisa karena kami memang berasal dari Jogja, bisa juga karena memang toko online ini dirintis dari rumah makan mungil kami, Pondok Dahar Lauk Jogja (back to 2011)...
However, toko online kami saat ini menyediakan aneka handicraft
Jogja seperti bambu ulir cendani, vas & meja set gerabah Kasongan, vas kayu minimalis, serta rupa-rupa handicraft yang tak mesti berlabel 'Jogja' seperti bunga rangkai aneka jenis, ranting hias, lukisan bunga, pigura 3D, serta buah & pohon topiary artificial.
Pokoknya Jogja and Florist one stop solution untuk Anda yang berkediaman di Bekasi dan sekitarnya...

Untuk navigasi cepat ke 'KATALOG UPDATE TERAKHIR' kami, klik di sini...

header gambar laukkita

Hot Item : Ranting Inul Bunga Mawar Silkworm Cocoon-like

Header Photo : Seri Produk Dengan Lampu @ Pondok Dahar Lauk Jogja

Hot Items

HOT ITEMS :
* Produk Buah Artificial : Buah Artificial
* Produk Bambu Ulir : Bambu Ulir Cendani Aneka Model
* Produk Vas Gerabah : Vas Gerabah Aneka Model
* Produk Ranting Hias : Ranting Inul Aneka Model

Selasa, 18 September 2012

Plus-Minus Berkendara All New Kia Picanto 2012

Pada tahun ajaran baru 2012-2013 pertengahan tahun ini, kami mulai menggunakan All New Kia Picanto untuk urusan antar jemput ketiga putra-putri kami ke sekolah. Mobil kecil yang kami nilai memiliki desain manis ini memang amat sesuai bagi kaum wanita. Bahkan, ssstt... suami kami pun belakangan rajin bertukar mobil manakala harus bepergian karena urusan pekerjaan ke pusat kota Jakarta. "Kecil sih, jadi lebih nyaman dan lincah diajak bermanuver di tengah kemacetan lalu lintas," demikian komentarnya.
Plus-minus mobil kecil ini kami coba rangkum dalam artikel berikut. Mudah-mudahan artikel berdasarkan pengalaman pribadi ini bisa menjadi tips dan referensi bagi Anda para pembaca...

Model yang oke
All New Kia Picanto memiliki desain European style yang amat kental. Sekilas orang mungkin tidak percaya jika ini adalah mobil Korea. All New Kia Picanto - bersama Kia Rio - pada Reddot Design Award 2012 di London memang berhasil menyabet penghargaan prestisius ini setelah menyisihkan 4500 produk dari 1800 pabrikan dari 58 negara. Jika dirunut ke tahun-tahun sebelumnya, Kia Soul berhasil menang pada 2009 lalu, disusul Kia Venga (2010), Kia Sportage dan Kia Optima (2011).
All New KIA Picanto merupakan city car lima pintu terbaru dari Kia dengan perubahan cukup berani dari versi sebelumnya (Kia Cosmo). Menurut kami, karakter mobil ini telah berubah dari lucu dan bersahabat ke karakter yang dewasa dan tampan dengan garis desainnya yang tegas namun manis. Spion pun telah dilengkapi lampu sein.
 Kami memilih warna merah (signal red) yang kami nilai memiliki tone yang berbeda dibanding warna merah city car lain. Warna merah All New Kia Picanto memiliki tone sedikit lebih gelap dibanding merah brand lain yang terkesan lebih solid. Warna selain signal red yang kami nilai bagus di antara pilihan line up Kia Picanto (clear white, bright silver, lemon grass, titanium silver, honey bee, milky beige, cafe mocha, signal red dan galaxy black) adalah bright silver dan cafe mocha. Warna  milky baige (krem pupus), lemon grass (hijau) dan honey bee (kuning) kurang kami sarankan karena terkesan nanggung (pupus, kurang cerah), sementara warna-warna lainnya oke. 

Mesin
All New Kia Picanto dilengkapi mesin empat silinder 1248 cc bensin Kappa. Output daya Kia Picanto 2012 berada di kisaran 69 ~ 85 PS dan torsi hingga 121 Nm. Dengan emisi CO2 95 sampai 105 g / km, Kia Picanto 2012 akan menjadi salah satu yang paling ekologis di segmennya. Yang kami rasakan memang konsumsi bensinnya cukup irit. Cukup rata-rata Rp. 70.000 tiap pekannya (hanya antar-jemput sekolah Senin-Sabtu dengan jarak sekitar 5 km sekali jalan, bolak-balik ke Pondok Dahar Lauk Jogja, serta bepergian ringan ke swalayan dekat rumah). Picanto baru telah dilengkapi trip computer yang menampilkan berbagai informasi kendaraan seperti jarak tempuh, pemakaian bahan bakar, pergerakan gigi serta eco mode untuk mendukung gaya mengemudi yang ekonomis.
Sedikit catatan kami adalah suara mesin yang terdengar cukup keras dari luar kap mesin. Dengan sistem peredaman suara yang lebih sempurna, seharusnya hal ini tidak akan terlalu kentara. 
Hal kedua yang terkadang cukup mengganggu adalah rasio gigi transmisi rendah (1 dan 2) yang sepertinya kurang pas... jika terlambat menginjak pedal gas maka akan terdengar suara ngelitik. 

Roda & Ban
All New Kia Picanto memiliki spesifikasi ban 165/60 R14 dengan desain pelek 14 inchi yang menarik. Sayangnya, ban standar yang diberikan dealer bukan dari merek yang biasa kami lihat seperti D**lop, G****ear, atau Br*****tone, melainkan Forceum. Ban ini telah menyandang logo SNI, kami harapkan tentunya memiliki kualitas yang baik. Dari browsing website, komentar-komentar pengguna ban Forceum (dan Accelera) yang nota bene merupakan produk dalam negeri sebenarnya cukup baik. Rata-rata puas menggunakan merek ini.
Keempat ban Picanto kami rasakan mantap menjejak aspal. Handling mobil secara keseluruhan sangat mudah dan nyaman, ditunjang ukurannya yang mini, membuat jalan raya yang padat seakan masih cukup luas untuknya bermanuver.

Suspensi
Jika dibandingkan dengan mobil-mobil MPV yang lebih mahal, sistem suspensi Picanto memang kami rasakan kalah bersaing. Terutama jika melewati polisi tidur yang cukup tajam (kurang landai), maka hentakan roda depan saat menuruni polisi tidur terasa cukup keras, kecuali kita benar-benar berjalan perlahan saat melewati polisi tidur tersebut. Suara-suara dari bawah kolong mobil terutama dari arah belakang pun kurang teredam sempurna, masih terdengar cukup jelas dari dalam kabin.
Namun di luar hal-hal di atas, suspensi Picanto masih kami rasakan cukup nyaman melibas jalanan perkotaan untuk ukuran mobil kecil yang memang umumnya tidak sebaik mobil-mobil full size.

==============================================================================================
Must have items sista... 

 Bambu ulir daun bambu isi 3 rumpun/batang (kiri) dan daun anggur hijau-kuning-merah isi 3 helai daun/batang (kanan), @ Rp. 7500/batang

  
Vas gerabah model bibir tinggi 1 m finishing pasir (kiri) @ Rp. 250.000/pc; vas gerabah luxury finishing glossy model perisai (kanan) Rp. 220.000/set of 2
  
 Ranting inul rangkai bunga mawar kuning-merah dengan vas kayu 45cm, Rp. 225.000/set
(tinggi total ~ 170 cm)


Klik di sini untuk melihat produk-produk dalam  'KATALOG UPDATE TERAKHIR' kami...
==============================================================================================

Interior
Kecil namun terasa cukup lapang, begitulah kesan kami saat berada di dalam kabin Kia Picanto. Duduk di kursi belakang pun masih cukup oke bagi orang dewasa karena leg room masih memadai. AC dingin, radio & CD Kenwood bawaan pabrik memadai. Sayangnya tempat botol pada konsol tengah (di belakang tuas persneling) tidak dapat menampung botol minuman berdiameter besar.
Ruang bagasi kami pikir sangat mencukupi, cukup lapang untuk ukuran mobil kecil.

Diskon dealer
Sales Kia tidak menawarkan diskon besar, apalagi dibandingkan sales pabrikan lain yang umumnya cukup berani menawarkan diskon. Sales Kia berulang kali memastikan bahwa pricelist Kia memang sudah nett. Kami pun memang tidak memperoleh diskon yang jor-joran... yah, tapi lumayan lah untuk tambah-tambah belanja dapur Pondok Dahar Lauk Jogja...
Harga unit All New Kia Picanto gress menurut kami kompetitif. Demikian pula harga bekas alias second-nya yang masih tergolong baik.
Bonus kami pikir masih cukup oke. Kami masih mendapatkan bonus talang air dan cover mobil, di luar aksesoris standar pabrik yang memang sudah cukup lengkap. Kami sarankan untuk selalu mencatat hitam di atas putih daftar bonus dan diskon yang dijanjikan sales pada kertas perjanjian atau SPK Anda, agar nanti enak menagihnya pada sales bersangkutan. Ini karena saat suami kami melakukan servis perdana 1000 km di Kia Bekasi, suami kami sempat ngobrol dengan seorang pemilik mobil Kia yang sedang menunggu sales tempat ia membeli mobil barunya. Sales tersebut terus menghindar saat pemilik mobil tersebut menagih bonus yang dijanjikan karena mereka memang tidak memiliki bukti tertulis mengenai bonus yang berhak diterima pembeli.
Satu saran lagi adalah lebih baik membeli pada dealer daerah Anda sendiri, jangan dari daerah lain agar Anda tidak perlu menambah uang pengurusan STNK mobil. Contohnya kami sendiri yang membeli dari dealer Jakarta Pusat, namun dengan STNK Bekasi. Dealer Kia mengharuskan kami menambah Rp. 250.000 untuk keperluan pengurusan STNK 'luar daerah' ini. Meski kami merasa aneh dengan hal ini (untuk dealer merek-merek lain, kami tidak pernah mengalami hal seperti ini meski kerap membeli dari dealer Jakarta pula) namun kami tetap mesti membayar tambahan ini (daripada STNK tidak bisa keluar).
Untuk pemilihan perusahaan pendanaan, dealer Kia kami nilai sangat kooperatif. Kami yang memerlukan waktu lebih lama untuk mengurus pendanaan syariah/murabahah (lebih lama dibanding pendanaan konvensional/riba yang menjadi standar/default dealer) tetap dilayani dengan amat baik oleh dealer Kia bersangkutan.

Bengkel servis
Masalah servis berkala kami pikir sangat menyenangkan bersama Kia Picanto. Pertama karena biaya servis berkalanya tidak setinggi merek lain. Dan kedua karena populasi mobil Kia sendiri yang tidak sebanyak merek seperti Toyota atau Honda sehingga suasana di bengkel servis Kia menjadi sangat akrab dan terkesan kekeluargaan, di mana teknisi Kia memiliki waktu cukup longgar untuk melayani banyak pertanyaan pemilik mobil mengenai kendaraannya. Menunggu di bengkel Kia pun tidak terlalu lama karena praktis kita tidak perlu mengantri. Bayangkan saja, saat kami bertanya apakah kami sebaiknya melakukan booking service dulu, teknisi bengkel Kia Bekasi tempat kami melakukan servis perdana (1000 km) mengatakan tidak perlu : "Cukup datang saja ke bengkel, karena belum tentu setiap hari ada mobil yang masuk untuk di-service". Wah... pelayanan model begini sangat cocok untuk suami kami yang memang cukup alergi mengantri, hehehe... 


Untuk artikel tentang mobil & motor dengan nama zodiak, klik di sini.....

================================================================================================== 
            klik di sini untuk Produk Bambu Ulir      klik di sini untuk Produk Mei Hwa    klik di sini untuk Produk Lukisan China

Ranting Inul Rangkai dengan aksen bunga set, Rp. 225.000 ~ Rp. 250.000

Koleksi Figurin, Aneka Mainan McD, Fancy Unik, Collectibles, dapat disimak pada blog kami yang lain www.sukakoleksi.blogspot.com

6 komentar:

  1. ulasannya keren.. Picantonya sekarang masih dipakai Bu? saya juga pakai, taun 2011.. ini mau ganti ban. Menurut panjenengan, kalo ganti ukuran diatas standar sedikit gimana, masih memungkinkan gak ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih telah berkunjung ke blog kami, insyaallah walaupun serba sedikit bisa diambil manfaatnya...
      Picanto masih kami pakai, terutama masih sebatas antar-jemput anak sekolah atau ke pengajian. Alhamdulillah so far tidak ada masalah.
      Ganti ban... menurut suami saya, ganti ban ke ukuran ring/pelek yg sama sebaiknya menggunakan ukuran yg sama pula (standar pabrik). Kalau pelek tetap R-14 tapi diameter ban mau yg lebih besar, berarti ganti pakai ban yg aspect ratio-nya lebih besar dari standarnya, ya... (standarnya 60%, kalau mau diameter lebih besar berarti pakai yg 70%... tapi nanti justru terlihat kurang sporty?). Kalau mau ban yg terkesan lebih sporty (aspect ratio rendah, mungkin sampai 50%), tentunya pelek juga mesti ganti yg lebih besar untuk mempertahankan diameter terluar ban tetap setara dengan diameter terluar ban bawaan pabrik (agar pembacaan speedometer & odometer tetap akurat).

      Hapus
  2. postingan bagus neh saya mah lg cari referensi mau beli kia picanto

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas kunjungannya ke blog kami. Insyaallah pengalaman kami ber-KIA Picanto ini dpt diambil manfaatnya. Menjelang tahun kedua (Feb 2014), Kia Picanto kami alhamdulillah masih amat prima diajak berlalu lalang di seputaran Bekasi.
      Keep visiting our blog...

      Hapus
  3. Saya pengguna All New Picanto warna titanium silver, saya hanya mau memberikan komentar pada bu aneng pada tulisan Hal kedua yang terkadang cukup mengganggu adalah rasio gigi transmisi rendah (1 dan 2) yang sepertinya kurang pas... jika terlambat menginjak pedal gas maka akan terdengar suara ngelitik..... menurut saya hal itu bisa di hilangkan suara ngelitik tersebu kalo kita pakai bensin pertamax bukan premium, karena mesin picanto tersebut sudah seharusnya memakai pertamax....terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih telah berkunjung ke blog kami... dan juga matur nuwun untuk sarannya. Tentunya bensin oktan lebih tinggi spt pertamax dapat mengurangi gejala ngelitik... patut dicoba nih Picantomania...

      Hapus