Handicraft Center kok judulnya 'Pondok Dahar Lauk Jogja'? Mmmm... nama memang tidak perlu literally nyambung, kan? Bisa karena kami memang berasal dari Jogja, bisa juga karena memang pusat hobi kami ini dirintis dari rumah makan mungil kami, Pondok Dahar Lauk Jogja (back to 2011)...
However, pusat hobi kami ini berkarya dalam aneka handicraft
Jogja seperti bambu ulir cendani, vas & meja set gerabah Kasongan, vas kayu minimalis, serta rupa-rupa handicraft yang tak mesti berlabel 'Jogja' semisal bunga rangkai aneka jenis, ranting hias, lukisan bunga, pigura 3D, serta buah & pohon topiary artificial.
Pokoknya Jogja and Florist Enthusiast untuk Anda yang berkediaman di Bekasi dan sekitarnya...

Untuk navigasi cepat ke 'KATALOG UPDATE TERAKHIR' kami, klik di sini...

header gambar laukkita

Hot Items

HOT ITEMS :
* Handicraft Bambu Ulir : Bambu Ulir Cendani Aneka Model
* Handicraft Vas Gerabah : Vas Gerabah Aneka Model
* Handicraft Ranting Hias : Ranting Inul Aneka Model

Selasa, 09 Juli 2019

Bermain Salju di Trans Snow World @ Transmart Bekasi

Dibuka untuk umum mulai 25 Maret 2019, wahana bermain salju Trans Snow World yang berada di Transmart Bekasi (Jl. Ir. H. Juanda, Bekasi Timur) ini menurut kami sangat layak dikunjungi sebagai pilihan jalan-jalan keluarga. 
Menempati lantai paling atas dari bangunan Transmart Juanda, area bermain salju seluas sekitar 2000 meter persegi ini menyediakan cukup banyak pilihan permainan berbayar, selain tentunya paket standar yang sudah termasuk ke dalam biaya tiket masuk.
Akses tol terdekat ke lokasi Transmart Juanda bagi pengunjung yang membawa mobil pribadi adalah via Gerbang Tol Bekasi Timur. Sementara bagi pengguna kendaraan umum sepertinya akan lebih mudah karena gedung Transmart berada di seberang Terminal Bus Bekasi sehingga tentunya akan dilewati oleh hampir seluruh angkutan umum. 
Harga tiket masuk Trans Snow World adalah Rp. 200.000 pada hari kerja (Senin-Jumat), dan Rp. 275.000 pada akhir pekan/hari libur/libur sekolah. Harga tersebut berlaku untuk durasi 2 jam. Tiket dapat dibeli langsung di counter, atau secara online.

Lantai paling atas berisi aneka permainan berbayar dan kios penjualan merchandise - selain area Trans Snow World - seperti ditunjukkan oleh 2 foto di atas.
Ketika itu kami sekeluarga datang sekitar pukul 19:00 pada hari kerja. Selain bisa membeli tiket lebih murah, kami rasakan pada malam hari jumlah pengunjung tidak terlalu padat sehingga kita bisa lebih bebas dan nyaman.

Kami membeli tiket langsung di counter yang berada dekat pintu masuk arena (foto sebelah kiri atas). Di samping counter tiket tersebut kami juga melihat 2 buah mesin pembelian tiket onine (foto sebelah kanan atas) yang saat itu kosong karena membeli langsung di counter pun sama sekali tidak ada antrian.

Setelah masuk ke dalam (semacam area persiapan), kita bisa langsung menuju counter pengambilan perlengkapan. 
Jadi harga tiket yang kita beli itu sudah mencakup gratis perlengkapan berupa sepatu boot dan penyimpanan barang (tas misalnya). Fasilitas permainan yang sudah termasuk harga tiket selain arena salju sebenarnya hanyalah chair lift, sementara permainan dan perlengkapan lainnya berbayar. 
Selain itu kita juga mendapatkan gratis kaos kaki Transmart yang bisa kita bawa pulang.
Jika pengunjung membawa barang berharga, maka tersedia loket penyimpanan berbayar yang lebih aman.
Kita juga akan dipinjamkan semacam gelang dengan layar yang memiliki lampu dengan beberapa warna sebagai indikator waktu bermain seperti ditunjukkan oleh foto di atas. Gelang ini jangan sampai hilang karena ada denda yang lumayan untuk menggantinya. Maka pastikan bahwa gelang sudah terpasang dengan kuat sebelum kita masuk ke dalam.

Disarankan untuk segera keluar dari arena salju jika gelang sudah berubah warna hijau, karena kita akan membutuhkan waktu untuk mengembalikan peralatan bermain salju dan berjalan ke loket pengembalian perlengkapan. Jangan sampai melewati batas waktu bermain 2 jam karena akan ada dendanya.
Melewati waktu bermain hingga 45 menit dendanya adalah Rp 100.000, sementara jika lebih Rp. 200.000. Artinya sama dengan harga tiket masuknya.
Waktu itu kami keluar arena salju saat gelang berubah warna menjadi hijau, dan sewaktu mengembalikannya gelang tepat berubah merah. Jadi memang butuh sekitar 10 menit untuk keluar...
Di dalam area persiapan ini juga terdapat beberapa spot foto bertema salju/Eropa seperti sapi serba merah bermotif Swiss (foto di sebelah kiri). Selain itu juga terdapat dinding dengan motif coat of arm bernuansa Eropa (foto di bawah).


Foto sebelah kiri-atas menunjukkan loket penambilan sepatu boot. Tersedia sepatu boot karet bermacam ukuran, kita bisa memilih yang ukurannya paling sesuai. Setelah mendapatkan sepatu dan kaos kaki, kita bisa memakainya di area bangku yang berada di depan loket (foto sebelah kanan-atas).

Patut diingat bahwa kita harus membawa jaket sendiri dari rumah, karena Trans Snow World tidak menyediakan peminjaman jaket. Jika kita lupa membawa jaket, kita bisa membeli di toko Snow Store
seperti foto di atas. Jangan nekat masuk ke arena salju tanpa jaket karena temperaturnya dingin sekali...

Setelah semua persiapan beres, kami pun segera masuk ke dalam arena salju. Selepas melewati semacam lorong, kita akan tiba di kantin (foto di atas) yang ketika itu kosong, namun kabut putih yang dingin sudah memenuhi udara. Temperatur sudah jangan ditanya lagi deh... dingin!

Dan kami memang harus angkat topi pada perencanaan arena permainan dan apa yang benar-benar dapat dinikmati oleh pengunjung selama berada di arena! Bukit-bukit es di Trans Snow World ini sungguh-sungguh berlimpah-ruah, tebal, dan buanyaaak sekali... Berbeda dengan wahana salju yang dihelat di mall-mall yang pernah kami kunjungi, di mana es yang tersedia hanya sedikit alias minimalis.

Pihak pengelola Trans Snow World juga tampak tidak setengah-setengah dalam menggarap dekorasi arena bermain hingga suasana Eropa yang memang ingin dibangun sangat kental terasa (foto-foto di atas). Pastinya selain bisa bermain es di sini, kita juga akan dimanjakan dengan ragam spot foto yang kece-kece...

Foto di atas menunjukkan bukit salju yang sepertinya memang dijadikan salah satu spot utama. Seluruh pengunjung hampir pasti punya foto saat berada di puncak bukit ini, tepatnya di sekitar bendera merah. Dari langit-langit ruangan, tepat di atas bendera merah terdapat mesin penyemprot serpihan es yang tak henti-henti menyiram bukit ini dengan hujan salju buatan.
Kami sangat maklum bahwa karena namanya juga hujan salju buatan, maka pastinya berbeda dengan salju alami yang - katanya - lembut bagaikan tepung. Terkadang serpihan es yang dihasilkan mesin di langit-langit tersebut berukuran cukup besar sehingga lumayan terasa juga jika tepat jatuh di atas kepala, hehehe...

Seperti disinggung di atas, Trans Snow World menyediakan beberapa perlengkapan permainan salju berbayar semisal seluncuran (sledge) oranye yang putri kami kendarai (foto kanan-atas).

Harga sewa perlengkapan permainan salju adalah seperti foto di sebelah kanan. Secara umum harga sewa-nya masih wajar kok.
Selain harus membayar harga sewa peralatan, kita juga harus membayar deposit (kalau tidak salah Rp. 50.000 per nama penyewa) yang bisa kita tarik kembali jika kita mengembalikan pelengkapan-perlengkapan yang kita sewa tadi.
Implikasinya, kita bisa meninggalkan saja perlengkapan yang telah kita sewa itu di arena salju saat kita akan keluar (tidak mengembalikan ke loket penyewaannya, atau kita lupa meninggalkan perlengkapan yang kita sewa di suatu tempat di dalam arena tapi praktiknya perlengkapan tersebut 'hilang'), tetapi uang depositnya akan hangus.
Tetapi jika kita mau menjaga dan mengembalikan perlengkapan tersebut ke loket, maka kita bisa menarik kembali uang deposit tadi.
Fasilitas gratis yang terkategori 'permainan' praktis hanyalah chair lift seperti foto-foto di bawah. Kita bebas naik-turun berapa kali pun kita mau, selama tertib menunggu giliran, ya...
Namun ketika itu karena pengunjung sedang tidak banyak, sama sekali tidak ada antrian untuk menaikinya.

Agak naik ke atas, kabut salju menipis hingga pandangan pun lebih bebas dan jernih. Meski sudut tanjaknya terkesan landa saja, tetapi sebenarnya chair lift ini akan membawa kita cukup tinggi di atas dataran salju. Hal ini sangat terasa saat kita berputar di stasiun atas, dan akan turun kembali ke bawah... whoa... ternyata kita naik cukup tinggi!



Kembali mendekati stasiun bawah kursi gantung, kabut salju terasa menebal. Hal ini tak terlepas dari royalnya pihak pengelola Trans Snow World menambah dan terus mempertebal tumpukan es dari beberapa mesin penyemprot es yang ketika itu kami lihat.
Pada foto di sebelah kanan misalnya, petugas di bagian kanan foto tampak tengah menyemprotkan serpihan es ke sebagian lantai arena.
Moncong keluaran mesin es itu berbentuk layaknya selang besar saja, yang terus bekerja membuat gundukan demi gundukan es.
Mesin es yang membuat hujan salju buatan di atas bukit juga menggunakan prinsip yang sama... hanya saja ditempatkan tinggi di atas langit-langit arena.
Video hujan salju buatan ala Trans Snow World Bekasi ini seperti di bawah...

Dibutuhkan setidaknya 5 menit untuk menaiki chair lift sekali jalan (dari stasiun bawah ke atas, atau sebaliknya). Bagi kita yang hendak menjajal permainan ski, kita bisa turun dari kursi gantung di stasiun atas yang sekaligus merupakan puncak atas ski slope. Petugas Snow Ranger akan membantu kita dalam permainan ski ini.
Ketika itu hanya tampak 1 atau 2 pengunjung yang sedang menjajal permainan ski di sini. Ski slope terlihat lengang... hanya ada beberapa petugas yang tengah meratakan salju di lereng buatan ini.


Dari atas chair lift kita juga bisa melihat lintasan snow tube sliding alias meluncur menuruni lereng dengan ban (foto di bawah). Terlihat cukup nyaman memang datang saat malam hari kerja karena praktis sama sekali tak ada antrian pengunjung. Kita pun sangat nyaman untuk menjajal setiap permainan yang tersedia...

Trek naik ke puncak lintasan snow tube berupa sabuk berjalan, sehingga kita sebenarnya tidak perlu payah mendaki. Cukup berdiri di atas sabuk berwarna hitam ini, dan kita pun akan terkerek naik (foto kiri-bawah).
Dari atas, kita bisa meluncur turun pada trek yang sudah didesain khusus untuk keperluan ini. Tak perlu khawatir terhempas dengan keras di bawah trek karena petugas sudah membuat gundukan kecil di kaki lintasan untuk memperlambat laju ban yang kita kendarai. Satu snow tube single bisa dinaiki oleh maksimum 2 penumpang (foto kanan-bawah).

Sebenarnya belum genap 2 jam berada di arena snow playground ini, namun kami sudah merasa kian menggigil. Menurut kami durasi 2 jam memang sudah sangat cukup dan ideal untuk sekedar bermain dan merasakan sensasi berada di padang salju. Terlalu lama pun sudah akan cenderung bosan.

Produk tabletop anggrek latex dengan vas kayu, info detil klik di sini...
Setelah mengembalikan perlengkapan permainan yang kami sewa dan menarik kembali depositnya, kami segera keluar arena, lalu mengembalikan sepatu boot dan gelang. Sepatu/alas kaki kita bisa diambil kembali di loket penitipan. Adalah wajar jika jaket dan celana menjadi basah di sana-sini setelah bermain di arena salju.
Mushalla berada di dekat  pintu masuk Trans Snow World, dan kondisi mushalla di lantai atas ini sangat nyaman. Jauh lebih baik dibanding mushalla satunya yang ada di basement dekat area parkir mobil. Saran kami lebih baik melaksanakan shalat di mushala atas ini.

Ketika itu waktu sudah menunjukkan sekitar pukul 21:30. Di food court lantai 1 ternyata sudah ada resto yang mendiskon makanannya. Ini salah satu hal menarik lainnya yang kami peroleh malam itu!

Video Main Salju di Trans Snow World Bekasi Youtube

Tidak ada komentar:

Posting Komentar