Handicraft Center kok judulnya 'Pondok Dahar Lauk Jogja'? Mmmm... nama memang tidak perlu literally nyambung, kan? Bisa karena kami memang berasal dari Jogja, bisa juga karena memang pusat hobi kami ini dirintis dari rumah makan mungil kami, Pondok Dahar Lauk Jogja (back to 2011)...
However, pusat hobi kami ini berkarya dalam aneka handicraft
Jogja seperti bambu ulir cendani, vas & meja set gerabah Kasongan, vas kayu minimalis, serta rupa-rupa handicraft yang tak mesti berlabel 'Jogja' semisal bunga rangkai aneka jenis, ranting hias, lukisan bunga, pigura 3D, serta buah & pohon topiary artificial.
Pokoknya Jogja and Florist Enthusiast untuk Anda yang berkediaman di Bekasi dan sekitarnya...

Untuk navigasi cepat ke 'KATALOG UPDATE TERAKHIR' kami, klik di sini...

header gambar laukkita

Hot Items

HOT ITEMS :
* Handicraft Bambu Ulir : Bambu Ulir Cendani Aneka Model
* Handicraft Vas Gerabah : Vas Gerabah Aneka Model
* Handicraft Ranting Hias : Ranting Inul Aneka Model

Rabu, 02 November 2011

Tutorial Pembuatan Pohon Artificial Golden Lucky

Berikut adalah langkah-langkah pembuatan pohon artificial golden lucky :


Persiapkanlah batang pohon jambu biji yang akan digunakan sebagai batang pohon artificial kita. Panjang batang jambu biji tersebut umumnya antara 3,5 ~ 4 kali tinggi vas yang digunakan. Pernis terlebih dahulu batang tersebut agar warnanya lebih indah dan tahan lama.
Meskipun pada ilustrasi di atas kami menggunakan 2 batang untuk pohon ini, namun jumlah berapa batang yang akan digunakan sebenarnya bebas, tidak ada aturan yang mengikat. Dua, tiga batang, atau lebih sah-sah saja. Variasikan tinggi batang-batang tersebut hingga pas dengan ketinggian gerumbul daun yang akan kita buat, dan tentunya tetap tampak alami.


Buatlah lubang-lubang tempat memasangkan daun artificial dengan alat bor. Satu lubang untuk satu daun atau lebih, tergantung pada keperluan. Pastikan bahwa diameter lubang yang dibor tersebut cukup pas/ketat untuk ukuran tulangan daun golden lucky yang akan kita pasangkan. Buatlah lubang-lubang di sekeliling batang karena daun golden lucky memang akan kita pasangkan mengelilingi batangnya.
Daun-daun pada pohon artificial golden lucky biasanya dipasangkan mengelompok/menggerumbul hanya pada 3 lokasi saja, jadi tidak menyebar merata sebagaimana pohon hidup/asli.
Foto di sebelah kanan menunjukkan contoh pohon artificial golden lucky yang biasanya dibuat.
Kita bisa saja membuat pohon golden lucky artificial dengan lebih dari 3 gerumbul daun, terutama untuk pohon yang lebih besar. Tetapi tentunya kebutuhan daun atificial yang mesti disiapkan pun lebih banyak.

Setelah seluruh lubang tempat kita akan memasangkan daun-daun artifical selesai dibuat, persiapkanlah helai-helai daun golden lucky tersebut.
Pasangkan helai daun yang berukuran lebih kecil/pendek di bagian atas dan bawah kumpulan lubang tersebut, sementara helai daun yang lebih besar/panjang di bagian tengah. Hal ini untuk membentuk kesan gerumbulan daun tersebut berbentuk membulat atau lebih lebar di tengah.
Gunakan lem tembak secukupnya untuk memperkuat daya rekat daun-daun artificial tadi ke batang. Jumlah lem tembak jangan terlalu sedikit agar daun tidak mudah terlepas. Tunggu hingga lem tembak benar-benar kering.


Sesuaikan panjang helai daun dengan besarnya/ukuran gerumbul yang akan dibuat. Gerumbul kecil dapat dibuat dengan helai daun tunggal seperti contoh gambar 3 di atas. Gerumbul yang lebih besar membutuhkan tangkai daun golden lucky yang bisa terdiri dari 2, 3 helai, atau lebih.

Contoh 1 helai daun langsung dipasangkan ke batangnya untuk gerumbul kecil (kiri); contoh tangkai yang terdiri dari 7 helai daun dipasangkan ke batangnya untuk gerumbul yang lebih besar (kanan)

 Contoh pemasangan tangkai-tangkai daun golden lucky ke batangnya, perhatikan bahwa daun dipasangkan pada sekeliling batang dengan lem tembak yang cukup banyak


Untuk memasangkan batang golden lucky ke vasnya, cara termudah adalah menggunakan sistem cor dengan semen. Tetapkan dulu posisi batang golden lucky di dalam vas, ganjal dengan batu yang cukup besar atau lebih baik lagi dipaku (jika menggunakan vas kayu). Setelah posisinya mantap/tidak bergerak, corkan adukan semen yang sudah kita siapkan ke dalam vas sehingga seluruh bagian dasar batang golden lucky tertutup semen (biasanya sekitar 10 cm dari dasar vas sudah cukup kuat). Diamkan selama satu malam hingga semen benar-benar kering.
Gunakan robekan kertas, potongan styrofoam, floral foam (busa hijau), atau bahan apa pun yang cukup ringan namun dapat menutup bagian dalam vas hingga mendekati bibir atas vas. Padatkan bahan tersebut hingga tidak mudah bergerak/terlepas. Taburkan kerikil kecil atau rumput artificial sebagai finishing. Pohon golden lucky artificial kita sudah selesai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar