Handicraft Center kok judulnya 'Pondok Dahar Lauk Jogja'? Mmmm... nama memang tidak perlu literally nyambung, kan? Bisa karena kami memang berasal dari Jogja, bisa juga karena memang pusat hobi kami ini dirintis dari rumah makan mungil kami, Pondok Dahar Lauk Jogja (back to 2011)...
However, pusat hobi kami ini berkarya dalam aneka handicraft
Jogja seperti bambu ulir cendani, vas & meja set gerabah Kasongan, vas kayu minimalis, serta rupa-rupa handicraft yang tak mesti berlabel 'Jogja' semisal bunga rangkai aneka jenis, ranting hias, lukisan bunga, pigura 3D, serta buah & pohon topiary artificial.
Pokoknya Jogja and Florist Enthusiast untuk Anda yang berkediaman di Bekasi dan sekitarnya...

Untuk navigasi cepat ke 'KATALOG UPDATE TERAKHIR' kami, klik di sini...

header gambar laukkita

Hot Items

HOT ITEMS :
* Handicraft Bambu Ulir : Bambu Ulir Cendani Aneka Model
* Handicraft Vas Gerabah : Vas Gerabah Aneka Model
* Handicraft Ranting Hias : Ranting Inul Aneka Model

Selasa, 17 Juli 2012

Tutorial Melukis Lukisan China (Bagian 3)

Tutorial Melukis Lukisan China (Bagian 3 - Bunga)

Melukis bunga
Selain bambu, bunga merupakan objek lukis favorit lain dalam dunia lukisan China. Jenis-jenis bunga yang paling sering dilukis tentunya adalah mei hwa dan mu dan (peony), selain tentunya bunga-bunga lain seperti mawar, anggrek, dan lain sebagainya.
Meski di depan disebutkan bahwa umumnya lukisan China bersifat spontan (tanpa sketsa), boleh-boleh saja menggunakan sketsa terlebih dahulu sebagai penolong. Metoda dengan sketsa ini disebut juga bone method.
Ilustrasi di bawah memperlihatkan cara melukis dengan kedua metode yang banyak digunakan : sketsa dan spontan.
Metode sketsa (atas) dan spontan (bawah)


 Pada ilustrasi metode sketsa di atas, terlihat bahwa pelukis membuat sketsa bunga mu dan terlebih sebelum mengisi/mewarnainya. Sketsa dapat dibuat dengan pensil atau dengan cat hitam, namun tidak dapat dihapus karena beresiko merobek kertas xuan yang tipis. Terlihat urutan pengerjaannya (dari kiri ke kanan) di mana pelukis mulai membuat sketsa dengan tinta hitam, membiarkan sketsa tersebut kering, lalu mulai mewarnainya dengan warna merah. Pada gambar terakhir, pelukis menambahkan warna merah hati (lebih gelap) untuk memberi kesan bayangan/3 dimensi, serta detail pada kelopak bunga mu dan tersebut. Terakhir, tambahkan benang sari bunga dengan warna kuning terang di bagian tengah.
Ilustrasi di bawahnya memperlihatkan 6 langkah pengerjaan bunga mu dan dengan metode spontan. Awalnya pelukis membuat sebuah kelopak utama dengan teknik pegangan sisi, lalu menambahkan beberapa kelopak lain di kanan-kirinya. Terus ditambah satu demi satu kelopak hingga membentuk sebuah bunga mu dan utuh yang memang memiliki banyak kelopak bunga. Warna merah yang lebih gelap dapat ditambahkan sebagai penegas. Benang sari berwarna kuning tetap menjadi langkah fnishing.

Berikutnya adalah anggrek, sebagaimana ditunjukkan oleh ilustrasi di bawah. Tampak bahwa daun di buat dengan cara yang sama seperti saat membuat daun bambu, namun lebih panjang dan meliuk. 



Detail langkah-langkah pembuatan bunga anggrek ditunjukkan oleh ilustrasi di bawah.
 
Pada dasarnya, digunakan bentuk dasar tetes air dengan warna merah. Memang dibutuhkan pemahaman yang tinggi akan bentuk sebenarnya dari bunga anggrek agar pelukis mampu menggambarkan bentuk bunga anggrek yang alami. Jangan lupa pula menambahkan putik dengan warna hitam pada bagian pangkal bunga. 


Dengan teknik-teknik dasar di atas, Anda dapat mengembangkannya untuk melukis aneka jenis bunga dengan warna-warni tanpa batas sesuai keinginan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar