Handicraft Center kok judulnya 'Pondok Dahar Lauk Jogja'? Mmmm... nama memang tidak perlu literally nyambung, kan? Bisa karena kami memang berasal dari Jogja, bisa juga karena memang pusat hobi kami ini dirintis dari rumah makan mungil kami, Pondok Dahar Lauk Jogja (back to 2011)...
However, pusat hobi kami ini berkarya dalam aneka handicraft
Jogja seperti bambu ulir cendani, vas & meja set gerabah Kasongan, vas kayu minimalis, serta rupa-rupa handicraft yang tak mesti berlabel 'Jogja' semisal bunga rangkai aneka jenis, ranting hias, lukisan bunga, pigura 3D, serta buah & pohon topiary artificial.
Pokoknya Jogja and Florist Enthusiast untuk Anda yang berkediaman di Bekasi dan sekitarnya...

Untuk navigasi cepat ke 'KATALOG UPDATE TERAKHIR' kami, klik di sini...

header gambar laukkita

Hot Items

HOT ITEMS :
* Handicraft Bambu Ulir : Bambu Ulir Cendani Aneka Model
* Handicraft Vas Gerabah : Vas Gerabah Aneka Model
* Handicraft Ranting Hias : Ranting Inul Aneka Model

Senin, 30 Januari 2012

Cara Membuat Pajangan 3D Dino Stegosaurus (Stegosaur Project)


Sejak keranjingan film TV Dino Dan, putra sulung kami yang saat ini duduk di kelas 2 sebuah SD Islam di kawasan Mustika Jaya, Bekasi, rajin mengumpulkan dan membuat pajangan dinosurus 3D aneka jenis. Satu spesies dinosaurus yang paling digemarinya adalah stegosaurus. 
Gambar rekaan stegosaurus, gambar bersumber dari link di bawah :
http://www.google.co.id/imgres?imgurl=http://www.paleo.cc/ce/stegosaurus.gif&imgrefurl=http://paleo.cc/paluxy/stegosaur-claim.htm&usg=
__jiGg9jfa9am2unbFDC1uU-U2XDc=&h=269&w=500&sz=61&hl=id&start=10&sig2=6oNjk2axY27eBGxp2lsUCw&zoom=1&tbnid=cUe
x6yJZmUZ6sM:&tbnh=70&tbnw=130&ei=jCgmT-aEMcbYrQeVg_TCCA&prev=/search%3Fq%3Dstegosaurus%26hl%3Did%26client%3
Dfirefox-a%26sa%3DX%26rls%3Dorg.mozilla:en-US:official%26channel%3Ds%26tbm%3Disch%26prmd%3Divns&itbs=1 

Makhluk purba yang diperkirakan hidup pada awal jaman Jura di Amerika Utara ini disebut stegosaurus atau 'kadal beratap' karena barisan sisik besar di punggungnya. Secara bahasa (Yunani) : stego = piring/atap + sauros = kadal. Stegosaurus termasuk satu dari spesies dinosaurus paling terkenal dan mudah diidentifikasi karena adanya dua baris sisik seperti layar yang saling bersilang di punggungnya, serta 2 pasang duri panjang di ekornya yang disebut thagomizer.

===========================================================================
Must have items sista...
 Sweet loli set (pink, biru, oranye, ungu, kuning) Rp 65.000/set


Bunga rawa/bola (kiri) Rp. 65.000/set ; Bonsai merah (kanan) Rp. 100.000/set
 
===========================================================================

Ahli kepurbakalaan memperdebatkan tentang bagaimana sisik-sisik di punggung Stegosaurus tersusun, karena sisik tersebut berada di atas lapisan otot punggung (mereka bahkan memperkirakan sisik tersebut memiliki pembuluh darah). Maka saat Stegosaurus mati dan memfosil, sisik-sisik tersebut terlepas dan saling bertumpukan. Pendapat pertama mengatakan bahwa sisik Stegosaurus menutupi punggungnnya, pendapat kedua mengatakan bahwa sisik-sisik tersebut berdiri tegak dan saling bersebelahan dan pendapat terakhir yang paling disetujui adalah sisik-sisiknya berdiri tegak dengan posisi saling bersilang.
Satu hal lain yang juga kerap menimbulkan salah paham mengenai Stegosaurus adalah rongga pada ujung ekornya. Dahulu, para ahli purbakala menduga bahwa rongga tersebut berisi otak Stegosaurus, sehingga menimbulkan anggapan bahwa Stegosaurus merupakan Dinosaurus yang pintar karena memiliki 2 otak. Belakangan diketahui bahwa anggapan tersebut salah. Stegosaurus tidak pintar karena otaknya hanya sebesar bola golf! Rongga pada ekor Stegosaurus adalah tempat melekatnya otot-otot ekor yang sangat kuat, yang digunakan sebagai alat pertahanan diri dengan mengayunkan ekor berdurinya sekeras mungkin ke arah penyerangnya.

Nah, kembali ke cara membuat pajangan 3D stegosaurus, putra kami telah membuat pola yang dapat dipindahkan/dijiplakkan dengan kertas karbon ke atas kertas karton tebal atau triplek seperti gambar di bawah :

Urutan pembuatannya adalah sbb. :
  • Pindahkan/jiplakkan pola di atas ke karton tebal atau triplek, namun skalanya harus persis sama. Maksudnya, jangan mengubah skala kaki misalnya menjadi 200% sementara skala anggota tubuh lain tetap 100%. Anda boleh memperbesar gambar di atas, asalkan seluruh pola (dari A sampai L memiliki skala yang sama).
  • Pastikan bahwa lebar celah yang akan saling berpasangan tepat sama dengan tebal karton/triplek yang digunakan. Jangan terlalu lebar karena akan longgar saat dirangkai. 
  • Potong dengan rapi karton tebal/triplek tadi mengikuti garis pola skala.
  • Rangkai seluruh anggota tubuh mengikuti pedoman pada gambar di bawah. Perhatikan untuk sisik atau layar tubuh (B1 & B2), arah pemasangan sisik yang ukurannya mengecil adalah di depan :

Anda dapat mewarnai stegosaurus yang sudah selesai dirangkai sesuai selera. Tidak ada yang salah, toh kita memang tidak tahu pasti apa warna kulit stegosaurus yang sebenarnya.

Pajangan 3D seperti ini kami nilai sangat positif bagi perkembangan anak karena merangsang kreativitas dan rasa ingin tahu anak tentang kehidupan dinosaurus, serta mendorong anak untuk kian giat mempelajari ilmu pengetahuan pada umumnya.

Mudah, bukan?

Another must have items...


Baca juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar