Handicraft Center kok judulnya 'Pondok Dahar Lauk Jogja'? Mmmm... nama memang tidak perlu literally nyambung, kan? Bisa karena kami memang berasal dari Jogja, bisa juga karena memang pusat hobi kami ini dirintis dari rumah makan mungil kami, Pondok Dahar Lauk Jogja (back to 2011)...
However, pusat hobi kami ini berkarya dalam aneka handicraft
Jogja seperti bambu ulir cendani, vas & meja set gerabah Kasongan, vas kayu minimalis, serta rupa-rupa handicraft yang tak mesti berlabel 'Jogja' semisal bunga rangkai aneka jenis, ranting hias, lukisan bunga, pigura 3D, serta buah & pohon topiary artificial.
Pokoknya Jogja and Florist Enthusiast untuk Anda yang berkediaman di Bekasi dan sekitarnya...

Untuk navigasi cepat ke 'KATALOG UPDATE TERAKHIR' kami, klik di sini...

header gambar laukkita

Hot Items

HOT ITEMS :
* Handicraft Bambu Ulir : Bambu Ulir Cendani Aneka Model
* Handicraft Vas Gerabah : Vas Gerabah Aneka Model
* Handicraft Ranting Hias : Ranting Inul Aneka Model

Jumat, 13 Januari 2012

Alat Masak 3-ply Nan Elegan (The Elegant 3-ply Cookwares)

Window shopping peralatan masak di mall memang membuat lapar mata. Beragam alat masak dipajang, mulai kualitas rendah hingga bintang lima. Termasuk sekelompok alat masak yang ditempatkan di rak utama, berkilauan kinclong, menyiratkan kualitas prima, tapi harganya juga jangan ditanya. Jika dikurs ke rupiah, harganya mendekati satu jutaan rupiah untuk tiap wajan/wok ukuran sekitar 30 cm (diameter). 3-ply, begitu label yang ditempelkan di bawah wajan dan panci berkilauan itu.

Wajan dan panci tersebut memang terbuat dari stainless steel tebal (sekitar 2,5 mm), jauh lebih tebal dibanding wajan atau panci stainless biasa yang umumnya hanya 0,8 mm, atau bahan stainless pressure cooker yang biasanya tak lebih dari 1,2 mm. Berat pasti, tapi memang terkesan mantap saat diangkat.Belakangan, karena penasaran kami mencari tahu lebih jauh tentang bahan 3-ply. 
Nah, ternyata, bahan 3-ply memang merupakan primadona baru untuk alat masak premium. Secara umum, seluruh bagian wajan atau panci 3-ply memang terbentuk dari lapisan stainless steel di luar, aluminium di tengah, dan stainless steel lagi di dalam. Jadi sangat berbeda dengan panci yang memiliki sandwich bottom (hanya tebal di bagian bawah/dasarnya saja) sedangkan dinding pancinya tetap hanya 1 lapis stainless steel seperti umumnya pressure cooker.
Fungsi lapisan luar stainless steel tentunya untuk memberi penampilan yang menarik, tahan karat, tahan bentur (tidak mudah penyok), serta agar alat masak 3-ply tetap dapat digunakan untuk kompor induksi. Mengenai mengapa kompor induksi membutuhkan bahan stainless steel agar dapat bekerja, dapat Anda simak artikelnya di sini.
Lapisan tengah dari aluminium bertugas meratakan distribusi panas ke seluruh permukaan wajan atau panci. Jadi, berbeda dengan panci stainless biasa (1 lapis) yang cenderung lengket, panci stainless 3-ply tidak. Alasannya, pada panci 1 lapis, bagian dasar panci yang terkena api langsung dari kompor akan jauh lebih panas dibanding bagian lain/dinding wajan/panci yang lebih jauh dari api. Akibatnya, begitu bahan makanan dimasukkan ke dalam wajan, bahan makanan tersebut akan langsung terpanaskan hingga cenderung mengerak dan lengket ke wajan/pancinya. Sedangkan pada wajan/panci 3-ply, bahan makanan tidak langsung terpanaskan secara ekstrim, melainkan memiliki waktu untuk terpanasi dengan lebih berangsur-angsur. Akibatnya kasus makanan lengket menjadi jauh lebih berkurang.
Lapisan dalam stainless jelas berfungsi sebagai lapisan food grade yang aman bagi kesehatan karena relatif tidak mengkontaminasi makanan di dalamnya. So, alat masak 3-ply memang secara keseluruhan memiliki sifat yang baik bagi makanan.
Sepanjang pengetahuan kami, selain dijual di mall, alat masak 3-ply juga dipasarkan oleh Tupperware lewat merek T-Chef milik mereka. Harga T-Chef memang signifikan lebih mahal ketimbang alat sejenis di mall. Sayang kami belum berkesempatan menggunakannya sehingga belum mengetahui bagaimana karakter penggunaannya.
Selain 3-ply, menurut informasi di website, tersedia pula alat masak 5-ply bahkan 7-ply. Wah, luar biasa nih. Tetapi dari diskusi di web juga, untuk sementara kami simpulkan bahwa 3-ply masih amat memadai untuk aktivitas memasak rumah tangga. Belum perlu lah sepertinya menggunakan 5-ply ke atas.
Bagaimana menurut Anda?



Layak diketahui pula :
Informasi mengenai alat masak stainless steel dapat dibaca di sini.
Informasi mengenai wadah makanan enamel bisa disimak di sini.
Informasi mengenai pressure cooker boleh dicermati di sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar