Handicraft Center kok judulnya 'Pondok Dahar Lauk Jogja'? Mmmm... nama memang tidak perlu literally nyambung, kan? Bisa karena kami memang berasal dari Jogja, bisa juga karena memang pusat hobi kami ini dirintis dari rumah makan mungil kami, Pondok Dahar Lauk Jogja (back to 2011)...
However, pusat hobi kami ini berkarya dalam aneka handicraft
Jogja seperti bambu ulir cendani, vas & meja set gerabah Kasongan, vas kayu minimalis, serta rupa-rupa handicraft yang tak mesti berlabel 'Jogja' semisal bunga rangkai aneka jenis, ranting hias, lukisan bunga, pigura 3D, serta buah & pohon topiary artificial.
Pokoknya Jogja and Florist Enthusiast untuk Anda yang berkediaman di Bekasi dan sekitarnya...

Untuk navigasi cepat ke 'KATALOG UPDATE TERAKHIR' kami, klik di sini...

header gambar laukkita

Hot Items

HOT ITEMS :
* Handicraft Bambu Ulir : Bambu Ulir Cendani Aneka Model
* Handicraft Vas Gerabah : Vas Gerabah Aneka Model
* Handicraft Ranting Hias : Ranting Inul Aneka Model

Selasa, 24 Januari 2012

Cara Kami Menyimpan Makanan di Pondok Dahar lauk Jogja (How We Preserve the Food)

Tidak hanya urusan masak-memasak, di rumah makan seperti Pondok Dahar Lauk Jogja, urusan menyimpan makanan pun tak boleh dilupakan begitu saja. Salah cara menyimpan, masakan bisa lekas rusak atau minimal tak segar lagi. Tentu kami tidak menghidangkan makanan seperti ini. Konsekuensinya, cara penyimpanan makanan pun kami perhatikan dengan sungguh-sungguh.
Sekitar setahun terakhir ini kami menggunakan produk penyegel makanan (food sealer) Smart Lids. Foto produk yang kami gunakan tertera di bawah :

Smart Lids paket kami terdiri dari 4 penutup (lid) berukuran diameter 11,5 cm, 15,25 cm (2 pcs), dan 21,5 cm, dan 4 wadah makanan plastik (container) berkapasitas 430 ml, 1000 ml (2 pcs) dan 2900 ml. Namun demikian, pada praktiknya kami lebih sering menggunakan penutup Smart Lids langsung ke piring makanan/rantang atau gelas, tidak ke wadah plastik standarnya. Smart Lids menurut pengalaman kami dapat digunakan untuk menyegel makanan yang ada di dalam wadah apa pun, selama bibir atas wadah tersbut datar (tidak bergelombang seperti beberapa jenis piring makan yang tepi bibir paling atasnya bergelombang). Contohnya piring strawberry atau gelas teh seperti foto-foto di bawah :
digunakan langsung pada piring berisi buah
digunakan langsung pada gelas minuman, terlihat bahwa air/minuman tidak tumpah meski gelasnya dijungkirkan
Cara menggunakan Smart Lids sangat mudah : tinggal tekan saja material plastik elastis transparan penutup Smart Lids di atas wadah yang digunakan hingga penutup Smart Lids benar-benar menyegel bagian dalam wadah di bawahnya. Hal ini bisa terjadi karena saat menekan material plastik elastis transparan penutup Smart Lids, sebagian udara di bagian dalam wadah terdorong keluar dan menciptakan kondisi tekanan di dalam wadah lebih rendah dibanding udara sekitarnya. Akibatnya, udara sekitar yang bertekanan lebih tinggi terus menekan material plastik elastis transaparan tersebut ke bawah dan mencegah masuknya udara dari luar ke dalam wadah. Hal ini sekaligus mencegah kontaminasi terhadap makanan yang berada di dalam wadah tadi.
Material plastik elastis transparan penutup Smart Lids sendiri cukup kuat/tak mudah robek (kecuali jika ditusuk dengan ujung garpu, pisau, atau pulpen yang tajam dengan kuat). Kami membuktikan sendiri dengan menekannya menggunakan ujung kuku, dan material transparan Smart Lids masih mampu bertahan alias tidak robek. Simak gambar di bawah :

Memang saat membeli stick blender Tokebi, kami pun mendapatkan bonus New Airlock (kantung penyegel makanan). Sejauh ini kami belum mencoba New Airlock tersebut, karena masih cukup nyaman/puas dengan kinerja Smart Lids dalam menjaga kesegaran makanan yang kami simpan. Setelah nanti kami mencoba New Airlock, kami pasti akan berbagi pengalaman serupa dengan Anda.
Yang penting, seluruh makanan yang kami sajikan di Pondok Dahar lauk Jogja terjamin kesegarannya.

Simak juga :
Artikel beda porsi makanan Indonesia & China

Tidak ada komentar:

Posting Komentar