Pigura 3D bunga matahari, Rp.75.000/pc |
Tantangan utama bisnis baru ialah bagaimanamembuat usaha kita dikenal luas oleh masyarakat. Tentunya, dikenal
luasnya usaha kita akan membuat bisnis kita makin moncer. Jika sudah dikenal,
kita harus dapat mengatur bagaimana mempertahankan merek di mata
konsumen.
Kita bisa melakukannya dengan promosi. Di era digital saat ini, kita dapat menekan biaya dalam melakukan promosi.
Berikut ini beberapa pilihan murah-meriah yang bisa kita lakukan untuk mempromosikan bisnis kita :
1. Lakukan survei pelanggan
Banyak situs yang menyediakan jasa survei, seperti Survey Monkey and Zoomerang, yang bisa membantu kita mencari efek balik dari konsumer. Selain itu, dengan melakukan survei maka perusahaan kita akan makin dikenal pelanggan.
Banyak situs yang menyediakan jasa survei, seperti Survey Monkey and Zoomerang, yang bisa membantu kita mencari efek balik dari konsumer. Selain itu, dengan melakukan survei maka perusahaan kita akan makin dikenal pelanggan.
Lakukan survei tersebut secara
berkala tapi jangan terlalu sering. Kelebihan survei ini juga membuat kita lebih mudah dalam mendiversifikasikan produk atau jasa yang kita jual.
Masukan hasil survei ini ke situs atau laman Facebook, sekalian sebar
juga ke email para pastisipan sehingga mereka tahu hasilnya seperti apa.
2. Biarkan website bercerita tentang perusahaan kita
Supaya tidak repot untuk menjelaskan perusahaan kita kepada pelanggan, rancanglah sebuah situs resmi yang mudah diakses. Ceritakan secara lengkap latar belakang berdirinya perusahaan sampai masalah-masalah yang sudah pernah dilewati.
Supaya tidak repot untuk menjelaskan perusahaan kita kepada pelanggan, rancanglah sebuah situs resmi yang mudah diakses. Ceritakan secara lengkap latar belakang berdirinya perusahaan sampai masalah-masalah yang sudah pernah dilewati.
Harapannya, pelanggan bisa mengerti
jenis bisnis serta target dari perusahaan kita. Libatkan juga
komentar-komentar atau penilaian yang diberikan oleh konsumen di situs
anda untuk memberikan gambaran dari sisi pelanggan.
3. Pertahankan aktifitas di dunia maya
Banyak perusahaan yang membuat halaman Facebook atau LinkedIn tapi tidak pernah diurus dengan baik dan dibiarkan begitu saja. Jika tidak ada aktifitas di halaman dunia maya, maka eksistensi kita tidak akan diketahui
Banyak perusahaan yang membuat halaman Facebook atau LinkedIn tapi tidak pernah diurus dengan baik dan dibiarkan begitu saja. Jika tidak ada aktifitas di halaman dunia maya, maka eksistensi kita tidak akan diketahui
Secara rutin update halaman
jejaring sosial. Cari sesuatu yang bisa menarik pelanggan, seperti
diskon untuk mereka yang me-'like' halaman Facebook kita atau yang
sering me-'retweet' kicauan kita. Dengan banyaknya aktifitas di dunia
maya, perusahaan kita lebih mudah ditemukan oleh situs mesin pencari.
4. Diliput media massa
Jika kita punya pelanggan yang baik dan puas akan perusahaan kita, mintalah ia menyebarkan berita tersebut dari mulut ke mulut. Dalam jangka panjang, semoga kabar dari mulut tersebut sampai ke telinga wartawan yang penasaran seperti apa bisnis yang kita jalankan.
4. Diliput media massa
Jika kita punya pelanggan yang baik dan puas akan perusahaan kita, mintalah ia menyebarkan berita tersebut dari mulut ke mulut. Dalam jangka panjang, semoga kabar dari mulut tersebut sampai ke telinga wartawan yang penasaran seperti apa bisnis yang kita jalankan.
Tidak perlu mengejar media besar,
untuk awal tidak ada salahnya untk diberitakan oleh media kecil dengan
skala lokal. Bahkan sebuah media yang kecil pun punya imbas cukup besar
bagi eksistensi kita. Siapa tahu suatu saat bisnis kita bisa masuk untuk
diberitakan oleh media besar jika kita cukup sabar.
5. Jadilah ahli di bidangnya
Pertajam terus keahlian anda di bidang yang sesuai dengan bisnis dan perusahaan kita. Dengan menjadi ahli atau seorang profesional, kesempatan publikasi secara gratis bisa datang kapan saja.
Pertajam terus keahlian anda di bidang yang sesuai dengan bisnis dan perusahaan kita. Dengan menjadi ahli atau seorang profesional, kesempatan publikasi secara gratis bisa datang kapan saja.
Kita bisa menjadi pembicara di
seminar, menjadi konsultan dadakan bagi mereka yang baru memulai bisnis
serupa, bahkan menjadi nara sumber di sebuah berita. Kita juga bisa ikut gabung dalam sebuah asosiasi untuk memperdalam ilmu dan berbagi pengalaman.
Selain membuka peluang rekanan bisnis baru, bergabung dalam asosiasi juga bisa memperlebar usaha dan basis pelanggan kita.
sumber : http://www.eciputra.com/berita-2915-promosi-murmer-untuk-bisnis-anda-.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar