Handicraft Center kok judulnya 'Pondok Dahar Lauk Jogja'? Mmmm... nama memang tidak perlu literally nyambung, kan? Bisa karena kami memang berasal dari Jogja, bisa juga karena memang pusat hobi kami ini dirintis dari rumah makan mungil kami, Pondok Dahar Lauk Jogja (back to 2011)...
However, pusat hobi kami ini berkarya dalam aneka handicraft
Jogja seperti bambu ulir cendani, vas & meja set gerabah Kasongan, vas kayu minimalis, serta rupa-rupa handicraft yang tak mesti berlabel 'Jogja' semisal bunga rangkai aneka jenis, ranting hias, lukisan bunga, pigura 3D, serta buah & pohon topiary artificial.
Pokoknya Jogja and Florist Enthusiast untuk Anda yang berkediaman di Bekasi dan sekitarnya...

Untuk navigasi cepat ke 'KATALOG UPDATE TERAKHIR' kami, klik di sini...

header gambar laukkita

Hot Items

HOT ITEMS :
* Handicraft Bambu Ulir : Bambu Ulir Cendani Aneka Model
* Handicraft Vas Gerabah : Vas Gerabah Aneka Model
* Handicraft Ranting Hias : Ranting Inul Aneka Model

Rabu, 07 Mei 2014

Resep Gabus Pucung Khas Bekasi

Tak sedikit rekan kami yang tinggal di luar Bekasi bertanya tentang gabus pucung yang dikenal sebagai hidangan khas Bekasi. Untuk menjawabnya, berikut kami tampilkan cara membuat hidangan gabus pucung yang sudah terkenal kelezatannya itu...

Bahan-bahan/bumbu-bumbu :
  • 3 ekor (500 gram) ikan gabus, masing-masing dipotong 2 bagian
  • 1 sendok teh air jeruk nipis
  • 4 siung bawang putih, dihaluskan
  • 1 sendok teh ketumbar bubuk
  • 1 sendok teh garam
  • 250 ml air
  • minyak untuk menggoreng

Bahan Kuah:
  • 1.000 ml air
  • 2 lembar daun salam
  • 2 cm lengkuas, dimemarkan
  • 6 lembar daun jeruk, dibuang tulangnya
  • 2 batang serai, diambil putihnya, dimemarkan
  • 1 buah tomat, dipotong-potong
  • 2 1/2 sendok teh garam
  • 2 1/4 sendok teh gula pasir
  • 1 batang daun bawang, dipotong 1 cm
  • 2 sendok makan minyak untuk menumis
  • bawang merah goreng untuk taburan 

Bumbu Halus:
  • 10 butir bawang merah
  • 6 siung bawang putih
  • 4 butir kemiri, disangrai
  • 4 buah kluwek, direndam
  • 2 cm kunyit, dibakar
  • 5 buah cabai rawit merah

Cara Pengolahan :
  1. Lumuri ikan gabus dengan air jeruk nipis, bawang putih, ketumbar bubuk, garam, dan air. Diamkan 20 menit. Goreng sampai matang.
  2. Kuah: panaskan minyak. Tumis bumbu halus, daun salam, lengkuas, daun jeruk, dan serai sampai harum. Tambahkan tomat. Aduk sampai layu.
  3. Masukkan air, garam, dan gula pasir. Masak sampai matang. Tambahkan ikan gabus dan daun bawang. Aduk rata. Angkat.
  4. Sajikan dengan taburan bawang merah goreng.
Untuk 6 porsi

Trivia :

Pucung
Warna kuah gabus pucung yang berwarna hitam timbul dari penggunaan pucung (disebut juga picung, kluwek atau kepayang, latin : Pangium edule). Pucung adalah tumbuhan berbentuk pohon yang tumbuh liar atau setengah liar.
Biji pucung dipakai sebagai bumbu dapur masakan Indonesia yang memberi warna hitam seperti pada rawon, daging bumbu kluwek, brongkos, atau sup konro. Bijinya memiliki salut biji yang dapat dimakan, namun jika mentah sangat beracun karena mengandung asam sianida konsentrasi tinggi. Jika dimakan dalam jumlah tertentu dapat menyebabkan rasa pusing (mabuk). Racun pada biji ini dapat dipakai sebagai racun mata panah. Sebagai bumbu makanan biji ini aman digunakan karena telah direbus dan direndam terlebih dahulu.
Ungkapan 'mabuk kepayang' dalam bahasa Indonesia atau Melayu digunakan untuk menggambarkan keadaan seseorang yang sedang jatuh cinta sehingga tak mampu berpikir secara logis, mirip dengan efek yang ditimbulkan seseorang yang keracunan pucung.

Taksonomi pucung :
kerajaan : Plantae
divisi : Magnoliophyta
kelas : Magnoliopsida
ordo : Malpighiales
famili : Achariaceae
genus : Pangium
species : Pangium edule 

Ikan Gabus
Ikan gabus adalah sejenis ikan predator yang hidup di air tawar/sungai. Ikan ini dikenal dengan banyak nama di pelbagai daerah: bocek dari Riau, aruan, haruan (Melayu/Banjar), kocolan (Betawi), bogo (Sunda), bayong, bogo, licingan (Banyumas), kutuk (Jawa), kabos (Minahasa) dan lain-lain. Dalam bahasa Inggris juga disebut dengan berbagai nama seperti common snakehead, snakehead murrel, chevron snakehead, striped snakehead dan juga aruan. Nama ilmiahnya adalah Channa striata (Bloch, 1793).
Sebetulnya ikan gabus memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Ikan-ikan gabus liar yang ditangkap dari sungai, danau dan rawa-rawa di Sumatera dan Kalimantan kerap kali diasinkan sebelum diperdagangkan antar pulau. Gabus asin merupakan salah satu ikan kering yang cukup mahal harganya. Selain itu ikan gabus segar, kebanyakan dijual dalam keadaan hidup, merupakan sumber protein yang cukup penting bagi masyarakat desa, khususnya yang berdekatan dengan wilayah berawa atau sungai.
Ikan gabus juga merupakan ikan pancingan yang menyenangkan. Dengan umpan hidup berupa serangga atau anak kodok, gabus relatif mudah dipancing. Namun giginya yang tajam dan sambaran serta tarikannya yang kuat, dapat dengan mudah memutuskan tali pancing. Untuk masyarakat desa yang khususnya petani, ikan gabus sangat membantu memusnahkan hama, misalnya: sawah yang banyak di huni oleh hama keong, sering kali berujung dengan gagal panen, akibat dari ulah keong yang sering memakan padi, terutama di usia muda. Namun beberapa petani menemukan cara yang cukup mudah dan sangat membantu, yaitu, dengan mengembang biakan ikan gabus di sawah-sawah yang sedang di garapnya, dengan demikian keong-keong yang banyak merugikan petani sedikit demi sedikit akan berkurang,
Akan tetapi ikan ini juga dapat sangat merugikan, yakni apabila masuk ke kolam-kolam pemeliharaan ikan (Meskipun beberapa kerabat gabus di Asia juga sengaja dikembangbiakkan sebagai ikan peliharaan). Gabus sangat rakus memangsa ikan kecil-kecil, sehingga bisa menghabiskan ikan-ikan yang dipelihara di kolam, utamanya bila ikan peliharaan itu masih berukuran kecil. Ikan gabus juga menjadi spesies penganggu no.1 di Sulawesi dan Papua karena mereka telah memusnahkan speesies ikan asli.
Sejak beberapa tahun yang lalu di Amerika utara, ikan ini dan beberapa kerabat dekatnya yang sama-sama termasuk snakehead fishes diwaspadai sebagai ikan berbahaya, yang dapat mengancam kelestarian biota perairan di sana. Jenis-jenis snakehead sebetulnya masuk ke Amerika sebagai ikan akuarium. Kemungkinan karena kecerobohan, maka kini snakehead juga ditemui di alam, di sungai-sungai dan kolam di Amerika. Dan karena sifatnya yang buas dan invasif, Pemerintah Amerika khawatir ikan-ikan itu akan cepat meluas dan merusak keseimbangan alam perairan.

Taksonomi ikan gabus :
kerajaan : Animalia
filum : Chordata
kelas : Actinopterygii
ordo : Perciformes
famili : Channidae
genus : Channa
species : Channa striata













Tidak ada komentar:

Posting Komentar