Handicraft Center kok judulnya 'Pondok Dahar Lauk Jogja'? Mmmm... nama memang tidak perlu literally nyambung, kan? Bisa karena kami memang berasal dari Jogja, bisa juga karena memang pusat hobi kami ini dirintis dari rumah makan mungil kami, Pondok Dahar Lauk Jogja (back to 2011)...
However, pusat hobi kami ini berkarya dalam aneka handicraft
Jogja seperti bambu ulir cendani, vas & meja set gerabah Kasongan, vas kayu minimalis, serta rupa-rupa handicraft yang tak mesti berlabel 'Jogja' semisal bunga rangkai aneka jenis, ranting hias, lukisan bunga, pigura 3D, serta buah & pohon topiary artificial.
Pokoknya Jogja and Florist Enthusiast untuk Anda yang berkediaman di Bekasi dan sekitarnya...

Untuk navigasi cepat ke 'KATALOG UPDATE TERAKHIR' kami, klik di sini...

header gambar laukkita

Hot Items

HOT ITEMS :
* Handicraft Bambu Ulir : Bambu Ulir Cendani Aneka Model
* Handicraft Vas Gerabah : Vas Gerabah Aneka Model
* Handicraft Ranting Hias : Ranting Inul Aneka Model

Selasa, 22 Januari 2013

Kiat Merawat Alat Elektronik Pasca Banjir

Banjir kembali melanda Ibukota Jakarta. Tak hanya mengakibatkan kemacetan yang luar biasa dan memunculkan beragam penyakit ‘khas’, seperti diare dan gatal-gatal, tapi juga merendam hampir seluruh isi rumah, termasuk peralatan elektronik, misalnya televisi, handphone dan kulkas.
Bisa Anda bayangkan bukan betapa banyaknya pekerjaan rumah yang harus Anda lakukan usai banjir mereda. Menariknya lagi, untuk mengurangi tenaga, tidak sedikit para korban banjir yang mempensiunkan peralatan elektroniknya dan memutuskan membeli yang baru. Sayang bukan?
Sebelum Anda menghabiskan banyak uang untuk membeli peralatan elektronik baru, tidak ada salahnya Anda mencoba beberapa tip sederhana di bawah ini, seperti yang dirangkum dari komponenelektronika :

Alat elektronik yang disertai baterai
Jika peralatan elektronik Anda disertai dengan baterai, seperti UPS, Handphone, Wifone, remote control, dan masih banyak lagi lainnya, lepas terlebih dahulu baterai. Tindakan ini merupakan hal yang terpenting untuk dilakukan pertama kali setelah alat elektronik Anda terkena atau terendam air. Jangan biarkan baterai terpasang di alat elektronik yang basah untuk menghindari terjadinya arus pendek.
Televisi, monitor komputer dan sejenisnya
Buka casing (penutup) televisi, monitor, DVD, Notebook dan sejenisnya. Lalu pisahkan terlebih dahulu antara komponen vital (seperti tabung CRT, panel LCD TV/Monitor, Optic DVD/PS, hard disk, keyboard, dan lain-lain) dengan mainboard elektroniknya. Kemudian, siram mainboard dengan air bersih atau jika memungkinkan gunakan pengganti air bersih dengan cairan IPA (Isopropyl Alcohol) atau dikenal juga dengan nama Isopropanol.
Cari yang tingkat kemurniannya diatas 80%. Namun tetap berhati-hati, karena IPA sangat mudah terbakar. Jika ragu, gunakan air bersih saja. Setelah itu, keringkan dengan angin bertekanan tinggi
Kulkas dan mesin cuci
Untuk alat elektronik seperti kulkas dan mesin cuci, terminal kompresornya (motornya) harus dibuka terlebih dahulu, lalu disiram dengan air bersih. Setelah itu, keringkan dengan angin bertekanan tinggi dari kompresor. Jika ada rangkaian elektronik di bagian bawah dan terkena siraman air, maka lakukan langkah serupa seperti di atas. Terakhir, biarkan terbuka dan setelah benar benar kering, baru coba dihidupkan kembali.

======================================================================================
Must have items sista...

 Bonsai artficial merah (topiary) dengan vas gerabah diameter 20 cm, Rp. 100.000/set

 Bunga rawa/bola (kiri) Rp. 65.000/set ; Tulip kuning kecil (kanan) Rp. 55.000/set ; keduanya dengan vas kayu 9 cm

 Sweet loli pink dengan vas kayu 9 cm, Rp. 65.000/set ; terinspirasi dari mode harajuku Lolita Fashion - sweet loli
 
======================================================================================
Keringkan dan keringkan
Biarkan beberapa hari sambil di keringkan terus menggunakan angin bertekanan tinggi, hingga alat elektronik tersebut benar-benar kering.
Yang perlu diperhatikan, langkah-langkah tersebut harus segera dilakukan. Jangan sampai ditunda. Jika air kotor sudah mengendap terlalu lama, maka akan membuat alat elektronik sukar untuk diperbaiki. Setelah kering, tidak ada salahnya Anda semprot penghilang karat (misalnya WD40), lalu dioles tipis minyak pelumas untuk melindunginya dari karat.
Semoga tips di atas bermanfaat untuk Anda!

(sumber : triq@oktomagazine.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar