Handicraft Center kok judulnya 'Pondok Dahar Lauk Jogja'? Mmmm... nama memang tidak perlu literally nyambung, kan? Bisa karena kami memang berasal dari Jogja, bisa juga karena memang pusat hobi kami ini dirintis dari rumah makan mungil kami, Pondok Dahar Lauk Jogja (back to 2011)...
However, pusat hobi kami ini berkarya dalam aneka handicraft
Jogja seperti bambu ulir cendani, vas & meja set gerabah Kasongan, vas kayu minimalis, serta rupa-rupa handicraft yang tak mesti berlabel 'Jogja' semisal bunga rangkai aneka jenis, ranting hias, lukisan bunga, pigura 3D, serta buah & pohon topiary artificial.
Pokoknya Jogja and Florist Enthusiast untuk Anda yang berkediaman di Bekasi dan sekitarnya...

Untuk navigasi cepat ke 'KATALOG UPDATE TERAKHIR' kami, klik di sini...

header gambar laukkita

Hot Items

HOT ITEMS :
* Handicraft Bambu Ulir : Bambu Ulir Cendani Aneka Model
* Handicraft Vas Gerabah : Vas Gerabah Aneka Model
* Handicraft Ranting Hias : Ranting Inul Aneka Model

Selasa, 25 Agustus 2015

Istana `Ajaib` Dar Al-Hajar yang Seolah Tumbuh di Atas Batu Besar

Dar Al-Hajar, Sana'a
Di kota Sana'a, Yaman terdapat sebuah bangunan unik yang 'keajaibannya' mencengangkan banyak orang. Bangunan itu bernama Dar Al-Hajar (hajar berarti batu) atau lebih dikenal sebagai Istana Batu Sang Imam.
Dikatakan ajaib karena istana Dar Al-Hajar 'bertengger' di atas puncak batu besar di Lembah (Wadi) Dhahr, sekitar 15 km dari pusat kota Sana'a. Bangunan yang merupakan peninggalan kaum Syiah ini sekarang merupakan ikon kebanggaan negara Yaman. Gambar Dar Al-Hajar bahkan bisa ditemukan di kartu pos, majalah hingga botol minuman.
Dahulu, Yaman secara formal tidak memiliki raja atau presiden. Karena itu, kepemimpinan negara dipegang oleh seorang Imam (pemimpin spiritual dalam agama Syiah Zaidiyah). Istana Dar Al-Hajar dibangun pada masa kepemimpinan Imam Yahya Muhammad Hamiddin (1869-1948) yang menjadi Imam Syiah Zaidiyah setelah kematian ayahnya pada tahun 1904, lalu Imam (Raja) Yaman pada tahun 1918 hingga terbunuh pada 1948. Semasa ia berkuasa, Yaman menjadi negara semi-feodal di mana ia memusatkan kekuasaan hingga hampir seluruh keputusan memerlukan persetujuan pribadinya. Ia merupakan bagian dari Dinasti al-Qasimi yang menguasai Yaman selama lebih dari 900 tahun. Ia awalnya mendirikan istana ini sebagai istana musim panas. Namun seiring waktu, istana ini terus berganti fungsi. Hingga akhirnya saat ini istana Dar Al-Hajar berubah menjadi semacam museum dan dibuka untuk pengunjung.
Bambu ulir daun bambu jari, detil klik di sini...
Untuk masuk ke sini, pengunjung diwajibkan membeli tiket. Di dalam Dar Al-Hajar Anda akan menemukan banyak ruangan megah dengan tangga-tangga besar. Ada dapur, ruang penyimpanan, ruang khusus perempuan, ruang pertemuan untuk pejabat tinggi, dan lainnya. Bangunan berlantai 5 ini juga dilengkapi dengan sistem pendingin air. Melalui tiap jendela di tempat ini, pengunjung dapat menyaksikan panorama kota Sana'a dari ketinggian.

Catatan : Mayoritas warga Yaman adalah Muslim Sunni (63%), Syiah (33%), serta lain-lain mencakup Yahudi, Kristen, Hindu, dan Bahai. Agama Syiah di Yaman sendiri terutama dari aliran Zaidi, dengan komposisi minoritas Syiah Twelver Iran (12 imam) dan Ismaili.
Nama aliran Zaidi berasal dari Zaid bin Ali, cucu dari Hussain, cucu Nabi Muhammad SAW. Kaum Syiah Zaidi meyakini Zaid bin Ali adalah imam mereka. Sedangkan kaum Syiah Twelver pada umumnya meyakini 12 imam tanpa memasukkan Zaid bin Ali sebagai imam. Imam-imam aliran Zaidi berkuasa di Yaman hingga pecahnya revolusi kaum republikan pada tahun 1962 yang menurunkan Imam terakhir (Mansur al-Badr) dari singgasananya.

 MUI Pusat telah menerbitkan buku Mengenal dan Mewaspadai Penyimpangan Syi'ah di Indonesia agar muslim sunnah Indonesia tidak tertipu oleh taqiyah. Di sini dijelaskan panjang lebar mengenai asal usul Syi'ah yang ternyata dipelopori oleh Abdullah bin Saba' yang beragama Yahudi pada masa para sahabat... wallahu'alam bissawab...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar