Handicraft Center kok judulnya 'Pondok Dahar Lauk Jogja'? Mmmm... nama memang tidak perlu literally nyambung, kan? Bisa karena kami memang berasal dari Jogja, bisa juga karena memang pusat hobi kami ini dirintis dari rumah makan mungil kami, Pondok Dahar Lauk Jogja (back to 2011)...
However, pusat hobi kami ini berkarya dalam aneka handicraft
Jogja seperti bambu ulir cendani, vas & meja set gerabah Kasongan, vas kayu minimalis, serta rupa-rupa handicraft yang tak mesti berlabel 'Jogja' semisal bunga rangkai aneka jenis, ranting hias, lukisan bunga, pigura 3D, serta buah & pohon topiary artificial.
Pokoknya Jogja and Florist Enthusiast untuk Anda yang berkediaman di Bekasi dan sekitarnya...

Untuk navigasi cepat ke 'KATALOG UPDATE TERAKHIR' kami, klik di sini...

header gambar laukkita

Hot Items

HOT ITEMS :
* Handicraft Bambu Ulir : Bambu Ulir Cendani Aneka Model
* Handicraft Vas Gerabah : Vas Gerabah Aneka Model
* Handicraft Ranting Hias : Ranting Inul Aneka Model

Selasa, 10 September 2013

Informasi Lokasi Akurat Hotel, Restoran, dan Tempat-Tempat Menarik di Jalur Puncak


Must have :Pigura 3D reguler daisy ungu, detil klik di sini...
Berikut adalah informasi lokasi Hotel, Restoran, dan tempat-tempat menarik sepanjang Jalan Raya Puncak dari pengalaman kami wira-wiri sepanjang jalur ini. Mudah-mudahan bisa membantu Anda yang sedang mencari lokasi hotel atau tempat-tempat wisata keluarga lainnya. Penanda lokasi sengaja kami buat manual dari peta udara dan ditandai satu per satu agar sedapat mungkin sesuai dengan lokasi yang sebenarnya, tidak melenceng seperti lokasi tagging yang banyak kami temukan di website.
Di sini kami tidak membedakan kelas hotel-hotel tersebut... hotel melati hingga berbintang sama-sama kami tandai semua, karena memang maksud kami adalah lebih kepada penanda lokasi.

Foto 1 (Segmen Exit Ciawi-Gadog)

Foto di atas adalah lokasi paling dekat dari exit tol Ciawi arah Gadog. Dimulai dari Vimala Hills dengan spanduk Starbuck-nya yang eye catching selepas lampu merah, terdapat beberapa restoran yang cukup besar di kanan-kiri jalan seperti RM Sate Tongseng Solo, RM Padang Simpang Raya, RM Waroeng Gumati, RM Pondok Indah Raya, Sentra oleh-oleh Priangan Sari, Restoran MM Juice Puncak, dan Soto Kudus Kliwon. Di trek ini juga terdapat beberapa gedung kementerian/BUMN seperti Gedung Diklat Kementerian Keuangan dan PLN Diklat Bogor. Kami juga mencatat Bengkel Motor AJM tepat di seberang jalan masuk Happy Valley, mungkin rekan bikers ada yang membutuhkan layanan mekanik.
Hotel pertama di tepi Jalan Raya Puncak kami catat adalah Hotel  Pondok Selarong. Kemudian berturu-turut Hotel Bale Arimbi, Hotel Santai Ria (rekan-rekan kami mengenalinya dari patung kuda bercat putih di pagar hotel ini), Villa Sarita, Wisma Ariwarsa (tepat di seberang Music Resto), lalu Hotel Budi Luhur. Fasilitas ibadah kami catat terdapat sebuah Gereja dan Masjid Al-Ikhlas di segmen ini.

Must have item...


 Aneka produk Ranting Inul (dengan vas kayu 45 cm), mulai Rp. 225.000/set, detil klik di sini...

Di segmen berikutnya kita sudah masuk bilangan Mega Mendung/Cipayung yang sangat-sangat sarat dengan hotel. Anda bisa melihatnya sendiri pada foto ke dua di bawah, betapa banyaknya lokasi yang kami tandai!
Note : nama hotel/tempat yang kami tulis miring dan tebal dengan warna ungu adalah hotel/tempat yang kami beri ulasan singkat dalam bentuk share info pada bagian bawah paragraf tiap segmen.
Foto 2 (Segmen Mega Mendung/Cipayung)
Selepas Masjid Al-Ikhlas yang masih tampak pada foto pertama, Hotel Ria Diani menjadi yang pertama di segmen ini, kemudian disusul oleh Wisma Permata, Hotel Gubug Jaya, Hotel Puri Avia (masuk ke dalam/ngantong), Hotel Indra Jaya, Hotel Purnama, Hotel Yonan, Kharisma Convention, Belleza Natura Convention, Wisma Bogor Indah Nirwana, Hotel Cik Mungil, Hotel Cipayung Asri, Gumilang Convention, Grand Cempaka Resort & Convention (masuk ke dalam arah kanan jalan dari Ciawi, areanya ngantong dan luas di dalam dengan fasilitas rapat dan olahraga yang komplit termasuk masjid jami'), Hotel Accram, Hotel Bintang Jadayat, Hotel New Ayuda 2, dan Hotel Ayuda. 
Jika kita belok kiri ke Jalan Pusdik Polri tepat setelah Masjid Jami' Nurul Huda, pada jarak sekitar 2km dari Jalan Raya Puncak selain Fasilitas Pusdik Reskrim Polri dan Training Center PT Unilever, kita juga bisa mendapati beberapa hotel seperti Hotel Mega Indah dan Hotel Megamendung Permai.
Must have :Pigura 3D Matahari, detil klik di sini...
Untuk kategori restoran dan tempat wisata, di segmen ini kita akan dapati Restoran Raffles tepat setelah Hotel Ria Diani, kemudian berturut-turut di antaranya RM Mira Sari, RM Pare Anyar (di seberang SDN 02 Cipayung), RM Sari Barokah dan CFC di kawasan Sentra Oleh-Oleh Matahari, RM Pileuleuyan, RM Dapur Handayani, Tahu YunYi, RM Saung Kuring, RM Bale Cipayung, dan RM Jatiwangi (di segmen ini sebenarnya banyak sekali restoran, Anda bisa pilih sesuai selera).
Selain itu kami mencatat pula beberapa Factory Outlet (FO) bagi Anda yang mencari produk fashion seperti Brasco FO, Red FO (di seberang Hotel Accram), dan Style FO. Terdapat pula Apotek Cipayung di seberang Polsek Cipayung. Masjid pun cukup banyak di segmen ini seperti Masjid Syarif Hidayatullah di samping SDN 02 Cipayung, dan Masjid Nurul Huda. Selain itu di area Wisma Bahtera (Pelni) juga terdapat masjid jami' yang menyelenggarakan Shalat Jum'at. Selain fasilitas ibadah, di segmen ini juga dijumpai beberapa gedung milik instansi/BUMN seperti Wisma TNI AL Jalasena, Wisma Bahtera (Pelni), serta Rumah Peristirahatan BI.
Anda pun tak perlu khawatir kehabisan bensin karena tersedia dua SPBU di segmen ini. Pertama di sebelah kiri jalan setelah RM Mira Sari (fasilitas SPBU ini cukup lengkap, meliputi Indomaret, ATM aneka bank, Dunkin Donuts, dan Hoka-Hoka Bento). SPBU kedua terletak di sebelah kanan jalan sebelum RM Pare Anyar.

Gallery Hotel Ria Diani (sumber dari website hotel)
Share info : pada sekitar tahun 2004 kami pernah menginap di Hotel Ria Diani yang masuk ke segmen 2 di atas. Ketika itu menurut pengamatan kami kondisi hotel bernuansa sunda ini baik, terawat, dan tidak ada bau apek di dalam kamar. Area parkir yang cukup luas juga menjadi faktor plus. Hotel di sebelah kiri jalan (dari exit tol Ciawi) ini memiliki area ngantong ke dalam dan berkontur menurun ke belakang sehingga view ke arah belakangnya indah sekali... langsung ke alam lepas berlatar belakang pegunungan. Kolam renang terletak agak ke bawah dari bangunan hotel.
Namun belum lama ini, ketika kami bertanya langsung via telepon pada staff hotel, menurutnya kolam renang praktis tidak dioperasikan lagi. Juga beberapa review di web yang kami pantau mengindikasikan ada penurunan kualitas layanan hotel ini... sayang sekali rasanya karena Ria Diani sebenarnya potensial terus berkembang. Info detil dan room rate bisa diperoleh di url riadianihotel(dot)com.

Share info : Hotel Puri Avia terdiri dari banyak bangunan/vila/bungalow mandiri dan ruang pertemuan sehingga cocok untuk acara kantor. Kontur tanahnya menurun ke belakang, bahkan untuk menuju bangunan hotel yang berada paling belakang kita mesti melewati jalan aspal yang menukik cukup curam (lihat 3 fragmen foto paling bawah). Berkendara perlahan dan hati-hati saja di trek ini.

Kondisi hotel ini tampak terawat, bersih, menyenangkan, dan asri. Tidak ada bau apek di kamarnya, meski memang interior kamar tidak pula istimewa. Menu makanannya juga OK. Pemandangan pegunungan ke arah belakang hotel ini menawan dan membuat rileks. Total 7 kolam renang yang bersih, siap digunakan oleh tamu, begitu pula sarana outbound, badminton, tenis meja, arena bermain anak, dan spa. Area parkir kendaraan sangat luas. Dan yang terpenting staff hotel cukup ramah melayani tamu. Secara umum recommended. Info detil dan room rate bisa diperoleh di url puriaviaresort(dot)blogspot(dot)com

Share info : beberapa kali menginap di Hotel Grand Cempaka, kesan kami terhadap hotel ini tetap baik. Bungalow 3 kamar di sini amat nyaman untuk liburan keluarga. Fasilitas hotel pun lengkap untuk kegiatan keluarga. Area hotel yang luas dan berkontur naik-turun  membuat anak-anak tak bosan menjelajah. Grand Cempaka Puncak pun sesuai untuk acara kantor dengan adanya Garuda Hall dan Rajawali Hall yang masing-masing berkapasitas ratusan orang.
Hanya sekali seingat kami terjadi pengalaman kurang mengesankan ketika kunci kamar (model kartu berlubang-lubang) bungalow kami sulit dibuka. Namun di luar itu, hotel ini amat recommended. Info detil dan room rate bisa diperoleh di url grandcempakaresort.grandcempaka(dot)co.id.

Share info : suami kami pernah menginap di Hotel Accram sekitar akhir 2013 ketika menghadiri undangan sebuah rapat kerja Kementerian Ketenagakerjaan RI. Komentarnya tentang hotel ini : cukup lah sebagai hotel untuk acara kantor/pemerintahan. Ketika itu suami menginap di kamar lantai 2 bangunan hotel paling depan (fragmen foto kiri atas). Kamar-kamar di bangunan ini tidak dilengkapi AC, untungnya udara yang sejuk membuatnya tidak perlu berkipas-kipas di kamar. Kondisi kamar memang bersih, tetapi sangat standar. Kabel-kabel listrik tidak terlalu rapi. Di kamar memang disediakan teko pemanas air listrik, tetapi kabel teko ini pendek, tidak cukup menjangkau stop kontak sehingga praktis teko tidak bisa dipakai. Untungnya di ruang tengah bangunan hotel ini terdapat dispenser air panas. Aroma rokok masih tercium di dalam kamar, mungkin bekas tamu sebelumnya.

Restoran terdapat di bagian belakang gedung, dekat kolam renang yang tampaknya cukup OK. Menu makanannya acceptable. Pelayanan staf hotel cukup ramah. Satu poin minus adalah area parkir mobil yang terbatas. Meski suami tidak mengalami ketidaknyamanan berarti selama menginap di Accram, tetapi jika masih ada hotel lain ia akan memilih mencari hotel lain dulu.

Must have item...
Tabletop anggrek bahan lateks deluxe dengan vas kayu partisi finishing glossy 20cm (tinggi total rangkaian ~ 68cm), detil klik di sini...
Masuk ke segmen ketiga, kita berada di wilayah Cipayung dan Cisarua. Hanya sekitar 150m dari pertigaan Jl. Pusdik Polri kita akan mendapati Wisma Kementerian Pertahanan Cipayung di sebelah kiri jalan. Selepas itu kita akan menjumpai beberapa restoran utama seperti Resto Cimory Riverside, RM Nasi Timbel Jago Rasa dan Warung Kendil Gunung Kidul yang khas. Di segmen ini juga terdapat fasilitas bengkel mobil di seberang Resto Cimory, Klinik Cilember, serta tentunya Alfamart-Indomaret.

Foto 3 (Segmen Taman Matahari)

Pusat perhatian segmen ketiga ini tak lain tak bukan tentunya Taman Wisata Matahari. Letaknya sekitar 500m masuk ke sebelah kiri Jalan Raya Puncak. Beragam atraksi wisata dapat kita jumpai di sini mulai dari wisata pedesaan (naik kerbau, belajar menanam padi, dan menangkap ikan di empang seperti foto di bawah), outbound, sepeda air, hingga mandi-mandi di sungai dengan air yang menyegarkan.


Beberapa penginapan utama yang kami jumpai di segmen ini di antaranya Wisma Abdi, Jimmers Hotel & Resort, Hotel Tri Indrawati, Wisma Angkasa Pura I, Hotel Sapphire Puncak, Hotel Taman Teratai, The Poencer Hotel & Resort, serta Wisma Bintang Jadayat 2. Tidak sebanyak hotel di segmen kedua memang. Hotel-hotel di segmen ini tentunya cukup terbantu dengan keberadaan Taman Matahari, di mana banyak pengunjung Taman Matahari yang kemudian sekalian menginap di hotel-hotel sekitarnya untuk menghabiskan masa libur akhir pekan.

Share info : Restoran Cimory Riverside yang terletak di sebelah kanan jalan dari arah Jakarta adalah tempat yang tepat untuk hang out di segmen ini. Catatan perjalanan kami di resto ini dapat disimak di link berikut ini (Resto Cimory Riverside)...

Aneka produk bambu ulir rangkai, detil klik di sini...
Pada segmen keempat, hampir bersebelahan dengan Warung Kendil Gunung Kidul kita jumpai kembali Cimory Resto (kiri jalan). Segmen ini termasuk langka hotel di pinggir Jalan Raya Puncak.
Kami hanya mencatat beberapa penginapan utama seperti Hotel Naratas, Wisma ESDM, dan Wisma Bayu.
Namun jika kita mau berbelok ke kiri-kanan jalan mencari hotel yang tidak terlalu bising oleh deru kendaraan di Jalan Raya Puncak, sebenarnya cukup banyak penginapan yang bisa dipilih, diantaranya : Hotel Griya Astoeti, Hotel Lembah Nyiur, Hotel Gondangdia, Wisma LPPA, Hotel Le Villa, Wisma Bonardo, Palm Kartika Resort, dll.

Foto 4 (Segmen Cipayung/Cisarua)

Di segmen ini juga terdapat beberapa fasilitas publik seperti LP3I Group Training Center, RM Seafood Pondok Baronang, RM Gurame Bakar Saung Malayang, RM Ikan Bakar Ma' Pinah, Bengkel Honda AHASS untuk kondisi darurat motor Anda, SMAN 1 Cisarua, dan SDN Kopo 01 Cisarua.

Aneka produk bambu ulir rangkai, detil klik di sini...
Segmen kelima didominasi oleh kawasan Pasar Cisarua menjelang belok kanan masuk ke Taman Safari. Banyak fasilitas publik di sini, dimulai dari Kantor Pos, lalu SPBU Pertamina, Pusat penjualan aneka bibit buah-buahan, dan RM Saung Bumbu Raos.
Hotel Parama Puncak bisa dikatakan menjadi penanda masuknya kita ke bilangan Pertokoan dan Pasar Cisarua yang tentunya menawarkan aneka fasilitas umum seperti Alfamart-Indomaret, RM Padang Pondok Indah Raya, Nusantara Batik dan Nice FO, Bank BRI, Toserba Britania, Pos Polisi Pasar Cisarua, Masjid Al-Barokah Pasar Cisarua, dan D'Jungle Outbound. Pafesta (Pasar Festival Cisarua) yang direncanakan menjadi pusat jajan paling lengkap dan berkelas di kawasan Pasar Cisarua sayangnya saat ini terbengkalai, bahkan di malam hari menjadi lokasi maksiat. Semoga keadaan ini lekas diperbaiki. 
Foto 5 (Segmen Cisarua)

Beberapa penginapan utama di tepi Jalan Raya Puncak segmen ini yang kami catat adalah Villa Mas,  Wisma Mulya Sari (rumah peristirahatan TNI-AU), Hotel Parama Puncak, Hotel Pesona Anggraini (masuk ke kanan jalan sekitar 50m), serta Royal Safari Garden. sedangkan jika kita mau masuk ke kanan-kiri jalan, terdapat Wisma Lokawiratama, Villa Aries Baru, Villa Air Es Biru, Villa Andre, Hotel Lurus, dan Andara Resort. 

Share info : Hotel Parama Puncak kami rasakan sangat sesuai bagi keluarga dengan 3 anak yang masih kecil-kecil seperti keluarga kami karena hotel ini memiliki Family Room dengan ranjang besar-besar. Ukuran kamar tipe ini pun luas sehingga anak-anak cukup bebas bermain di dalam kamar. Room rate saat itu (Juni 2013) kami catat hanya Rp. 355.000/malam (via travel). Hotel tepi jalan raya ini dikelilingi oleh banyak fasilitas publik seperti Alfamart dan banyak rumah makan sehingga kami memilih rate kamar tanpa breakfast karena memang banyak pilihan dengan hanya berjalan kaki ke luar. Sayangnya Family Room terletak di lantai 2 bangunan terpisah di sayap kiri lahan hotel yang fisiknya tak sebagus bangunan hotel utama. Posisinya yang relatif dekat jalan raya juga membuat suara lalu-lalang kendaraan sayup-sayup terdengar dari kamar. Selain faktor minus itu, faktor plusnya adalah area parkir mobil di bangunan sayap kiri ini lebih khusus bagi tamu di sini.

Kondisi kamar tidak terlampau istimewa, namun bersih. Cukup lah untuk menginap semalam saja. Kabar baiknya adalah Parama memiliki kolam renang besar untuk dewasa dan yang lebih kecil untuk anak-anak. Kita bisa puas berenang di sini. Parama juga memiliki area bermain anak yang terbilang komplit. Meski ada plus-minusnya, menurut kami Parama Puncak recommended. Info detil dan room rate bisa dilihat di url paramahotel(dot)com

Selepas daerah Pafesta, kita masuk segmen ke-6 yang tentunya ditandai oleh pertigaan Taman Safari Cisarua. Segmen ini termasuk sangat sarat hotel dan lokasi-lokasi menarik yang dapat dikunjungi.

Foto 6 (Segmen Taman Safari-Cisarua)


Pada foto segmen yang diperbesar di bawah, berjejer hotel-hotel mulai dari Hotel Cisarua Indah, Hotel Puncak Prima, Rumah Istirahat Bank Indonesia 'Murai', Hotel Metropole Inn, Cibulan Suites, Hotel Dirga, Hotel Cibulan Indah,  Hotel Waytuki, Wisma Pengayoman Kemenkumham, Villa Amalia, Hotel Santo Djaya, Villa 666, dan Hotel The Rizen.

Hotel Caravan Taman Safari
Selain hotel-hotel tepi jalan yang kami sebutkan di atas, kita juga dapat memilih penginapan yang lokasinya agak masuk ke kanan-kiri Jalan Raya Puncak. Mulai dari Villa Mira, Hotel Seruni, Penginapan Batu Layang, dan Resort New Karwika.
Hotel Seruni bisa dibilang merupakan salah satu hotel non-tepi jalan yang terbesar di segmen ini. Kita harus masuk ke arah Taman Safari, lalu masuk ke jalan kecil di sebelah kiri jalan masuk Taman Safari tadi. Terdapat penunjuk jalan yang cukup jelas untuk menuju Hotel Seruni. Kami pernah sekali menginap di Seruni, tetapi sayang ketika itu kami tidak berfoto-foto di hotel sehingga tidak ada gambar yang bisa di-share di sini. Fasilitas dan bangunan hotel Seruni sangat luar biasa, pasti membuat Anda dan anak-anak suka : beberapa kolam renang, jaccuzi, arena bermain anak yang lengkap, gymnasium, restoran, dll. Hotel yang terletak di tanah berkontur naik-turun ini juga dibangun dengan arsitektur gedung, kolam, tangga naik-turun, dan lansekap taman yang juara. Hal yang kami rasa perlu diperbaiki adalah kualitas pelayanan staf hotel yang ketika itu kami rasakan tidak maksimal.
Sebenarnya di Taman Safari sendiri terdapat fasilitas Hotel Caravan bagi Anda yang ingin mencoba menginap di caravan layaknya tengah bertualang di alam liar. Catatan perjalanan kami mengenai Hotel Caravan Taman Safari bisa dibaca di sini (Hotel Caravan)...
 

Fasilitas publik yang ada di segmen ini meliputi Resto Pizza Hut, Puskesmas Cibulan, RM Bumi Nini, Pos Polisi Simpang Safari, RS Paru Cisarua yang cukup besar di sebelah kanan sebelum pertigaan taman Safari, serta beberapa Masjid Jami'. Di segmen ini terdapat pula Makam KH Idham Chalid, Kantor Kementerian Agama RI, serta tentunya beberapa Alfamart-Indomaret di sepanjang jalan.

Meneruskan perjalanan dari jalan masuk ke Resort New Karwika, masih terdapat Hotel Permata Alam, Wisma Navina, Hotel Arjuna, serta Wisma Bhakti Pertiwi Kemhan. Hotel-hotel non-jalan utama pun masih tersedia di segmen ini seperti Hotel Kenanga, Terrace Villa Golf, Resort Puri Anandita, Alfa Resort, dan Villa Tjokro. Selain itu masih ada pula fasilitas umum meliputi RM Jatiwangi Asli, RM Saung Raos, Budi's Pool Spa, Balai Pengobatan Umum Medika, RM Sunda Dapur Kemangi, Pusdiklat ASKES & Masjid Asy-Syifa, Pusdik Pancasila & Konstitusi, RM Sinar Alam 1, dan Klinik Tugu 24 jam.

Share info : beberapa kali menginap di Puri Anandita Resort, beberapa kali pula kami kebablasan jalan masuk ke arah kanan jalan Raya Puncak (jika kita datang dari arah Jakarta, kita harus belok kanan sekitar 1 km setelah pertigaan Taman Safari). Kali pertama kami kebablasan sampai KFC Puncak. Kali berikutnya tidak sejauh itu karena kami sudah memiliki feeling. Jalan masuk ke arah hotel ini (Jl. Gandamanah) memang agak tersembunyi, meski jika diperhatikan betul sebenarnya ada plang dan panah ke arah lokasi Puri Anandita di mulut Jl. Gandamanah. Sekitar 1 km ke dalam kita akan tiba di hotel yang asri dan menyenangkan ini.
Menginap di vila di Anandita adalah opsi terbaik menurut kami. Vila 2 atau 3 kamar di sini nyaman, terawat, dan bersih. Sarana olahraga cukup lengkap meliputi lapangan tenis, volley, basket, kolam renang, badminton, serta children playground. Restorannya juga nyaman dengan pemandangan ke kolam renang. Jika kita menuju restoran, kita akan melewati jembatan kecil yang romantis (fragmen foto kanan bawah).
Ke arah belakang restoran terdapat bangunan/rumah besar 2 lantai yang juga disewakan sebagai club house. Namun sekali mencobanya cukup bagi kami karena rumah besar yang tampaknya jarang ditinggali ini terkesan spooky. Kesan ini tampak begitu kami masuk karena seluruh perabotan di sini ditutupi kain putih (agar tidak berdebu). Lantai bawah berupa hall yang luas. Di ruang duduk ini ada piano... kami sampai berimajinasi jangan-jangan saat malam hari piano ini bisa bersuara sendiri, hiiii... Kamar tidur ada di lantai atas. Bersih dan terawat, namun ada lukisan mata di atas ranjang yang bagi kami terkesan mengintai... Sayang sekali kami ketika itu tidak mengambil foto-foto rumah besar ini. Intinya, jika datang ke sini pilih saja vila Anandita yang te-o-pe! Info detil dan room rate Puri Anandita bisa disimak di url hotelpurianandita.blogspot(dot)com.

Must have : gerabah aneka desain, klik gerabah-pondok-dahar-lauk-jogja

Masuk ke segmen 7, kita menjumpai beberapa fasilitas publik seperti Klinik Kesehatan 'Tugu' 24 Jam, Tower BTS menjelang Hotel The Grand Hill yang dapat dijadikan ancer-ancer lokasi, lokasi PT Sinar Surya Pelangi Permai, SMK Cyber Media Utama Cisarua, beberapa kios oleh-oleh dan keramik di seberang SPU Pertamina Tugu, Indomaret/Alfamart, serta landmark segmen ini yaitu Kantor Kades Tugu Selatan.
Sementara itu, terdapat pula beberapa restoran seperti RM Pesona Ilalang, KFC Puncak (ada plang Kol Sanders besar di sisi kanan jalan arah Puncak, KFC-nya sendiri terletak di gang masuk sebelah kiri jalan dekat jalan utama), RM Dulang, Resto DJ, RM Mbok Berek (Ny. Umi), Papof Bed & Breakfast yang menawarkan menu western dan cottage, RM Ayam Goreng Habassah, RM Tugu, dan Cafe Habibi yang plang restorannya beraksara Arab.
Hotel yang kami catat berada di segmen ini meliputi Hotel Ever Green Village, Wisma Industri Kemenperin, Hotel The Grand Hill, Hotel Pardede, Graha Transportasi Kemenhub, Wisma Kementerian Kominfo, Wisma Tugu Kementerian Agama, masuk ke arah kanan jalan (Jl. Pangrango Tugu Selatan) menuju Wisma Peristirahatan BI (Kutilang-Gelatik-Nuri) dan Wisma Jayakarta, Villa Evasari, Villa Kembar, Vila Syuga, dll.
Foto 7 (Segmen Cisarua-Tugu)

Di ujung kanan foto segmen terlihat jalan masuk ke Perkebunan Teh Ciliwung (ada gapura di sebelah kiri jalan utama). Titik 'B' kami jadikan hanya sebagai patokan sambungan ke segmen 8.

Pada segmen 8, setelah titik 'B' kami hanya mencatat beberapa interesting spots seperti SDN Tugu Selatan I & II di sebelah kiri jalan, Indomaret, jalan masuk ke kanan menuju Wisma Lemigas, Hotel Basalamah, serta SMKN I Cisarua. Selebihnya kita sudah mulai memasuki lintasan berkelok kawasan Puncak Pass yang sejuk dengan pemandangan indah perkebunan teh di kiri-kanan jalan.
Foto 8 (Segmen Cisarua - Puncak Pass)
Tempat menarik di segmen ini adalah Agrowisata Gunung Mas dengan penanda gapura di sebelah kanan jalan utama. Selain wisata berjalan-jalan menikmati suasana kebun teh, belakangan fasilitas permainan anak dan outbound telah berkembang pula di sini. Selepas pertigaan masuk Gunung Mas, medan jalan kian bercirikan area Puncak Pass.

Segmen 9 sekaligus terakhir pada artikel kami ini ditandai oleh Masjid At Ta'awun. Medan jalan sudah sepenuhnya berkelok-kelok dengan hamparan kebun teh dan vegetasi lain di kanan-kiri jalan. Di banyak tempat bertebaran restoran tradisional. Tidak ada pemukiman penduduk yang relatif padat lagi seperti pada segmen-segmen sebelumnya.
Di segmen ini terdapat pula Riung Gunung yang terkenal sejak lama. Fasilitas rest area ini terletak di sebelah kiri jalan arah Puncak, tepat di tikungan tajam. Catatan perjalanan kami tentang Riung Gunung bisa dibaca di sini (Riung Gunung)... Selalulah berhati-hati mengemudi di sini...
Foto 9 (Segmen Masjid At Ta'awun - Puncak Pass)
Baca juga :
* Jalan-jalan ke Kawasan Kota Tua Jakarta, klik di sini (Kota Tua Jakarta)...
* Jalan-jalan ke Pulau Tidung, Kepulauan Seribu, klik di sini (P.Tidung)...
* Jalan-jalan ke Dunia Air Tawar Taman Mini Indonesia Indah, klik di sini (TMII)...
* Main ke Dufan dengan Annual Pass, klik di sini (Dufan Annual Pass)...
* Jalan-jalan ke Taman Buah Mekarsari, klik di sini (Mekarsari)...

Our products :


2 komentar:

  1. makasih hehe asik dapat ilmu nih dari agan yang baik hati ini :D tampilan blog agan keren banget kalau boleh tau apa nama templatenya :) kasih tau dong...


    JOIN SITE -> WWW.CYBERPWK.COM Cara Hack & Mengetahui Password Facebook Terbaru

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas kunjungannya ke blog kami. Tempalte standar blog saja kok... sy nggak tahu nama template-nya :-(, tp pasti ada kok kl kita masuk ke dashboard create blog.
      Keep visiting our blog and keep up good spirit today...

      Hapus